Investasi Asing di Batam Naik 188 Juta USD

1584
Pesona Indonesia
Industri Galangan kapal di Tanjunguncang, Batam. Foto:  http://worldmaritimenews.com
Industri Galangan kapal di Tanjunguncang, Batam. Foto: http://worldmaritimenews.com

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Batam mengungkap pada triwulan pertama 2016 penanaman modal asing (PMA) tercatat sebanyak 392 juta Dolar Amerika Serikat (USD) dengan realisasi 62 proyek. Jumlah itu naik dibanding periode yang sama tahun 2015 lalu yang hanya membukukan 47 proyek dengan nilai investasi 204 juta dolar Amerika.

“Naiknya cukup signifikan sebesar 188 juta Dolar Amerika,” kata Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono, Jumat (13/5).

Dari realisasi investasi bulan Januari-Maret 2016 itu didominasi beberapa jenis industri berat. Seperti, industri alat angkutan dan transportasi, industri kimia dasar, industri makanan, industri konstruksi dan industri logam dasar, barang logam, mesin, dan elektronik.

“Itu yang termasuk dalam lima besar, sisanya cukup beragam seperti hotel dan restoran, perdagangan dan reparasi, telekomunikasi,” sebutnya.

Sedangkan dilihat dari negara asal investasi, Andiantono menyebut mayoritas didominasi oleh gabungan beberapa negara asing. Baik itu dari Asia, Eropa dan Amerika.

“Beberapa di antaranya Malaysia, Singapura, Jerman dan Australia,” kata dia.

Di tengah kondisi ekonomi dunia yang belum pulih sepenuhnya itu, kenaikan jumlah investasi di Batam dinilai bakal memberi imbas positif terhadap perekonomian Batam.

“Hal seperti ini harus diketahui masyarakat, agar ada ekspektasi positif terhadap ekonomi kita,” ujarnya. (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar