Jamin Halal, Batam Punya Rumah Potong Unggas

704
Pesona Indonesia
foto: dalil harahap / batampos
foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – ”Alhamdulillah, Batam sudah punya RPU yang halal. Kita harapkan semua daerah Kepri bisa mencontoh dan memiliki yang seperti ini juga,” demikian komentar Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun saat meresmikan Rumah Potong Unggas (RPU) halal yang berlokasi di Seitemiang, Sekupang, Jumat (13/5) sekitar pukul 13.00 WIB.

Pembangunan RPU halal yang menelan biaya hingga Rp 750 juta ini, diharapkan bisa memberikan jaminan kehalalan terhadap unggas yang dikonsumsi oleh masyarakat Batam.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenang) Provinsi Kepri, Marwin mengatakan ini merupakan RPU halal pertama di Indonesia. Meskipun RPU halal belum mampu mencukupi kebutuhan ayam potong halal di Batam, dirinya berterimakasih kepada umat yang telah rela menyisihkan sedikit penghasilannya untuk pembangunan RPU halal ini.

”Ini wakaf dari umat, dan keuntungannya untuk umat juga,” ujarnya.Kepala Kemenag Kota Batam, Zulkifli Aka menyebutkan saat ini RPU halal baru bisa memotong 5-7 ribu ekor ayam setiap harinya. Sedangkan untuk kebutuhan ayam di Batam mencapai 30-40 ribu perhari.

”Ini merupakan langkah dalam menjamin kehalalan suatu makanan, apalagi kita 80 persen muslim, sekarang ini banyak yang sembarangan potong saja,” kata Zulkifli.

Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter ini dilengkapi dengan mesin pemotong unggas, gedung administrasi, serta resepsionis. Saat ini, RPU halal telah memiliki delapan pekerja, tiga di antaranya merupakan pemotong ayam. RPU halal mulai beroperasi sejak kemarin.

Zulkifli berharap RPU halal ini bisa menjadi contoh serta tempat studi banding bagi wilayah lainnya di seluruh Indonesia. Kemenag juga mengimbau seluruh pengusaha ayam untuk dapat memanfaatkan keberadaan RPU halal ini.

Rumah-Potong-Unggas2_Dalil-”Ke depannya kita akan jaring komunikasi dengan pengusaha ayam maupun makan yang menggunakan ayam sebagai menu utama untuk bekerja sama,” sebutnya. (cr17)

Respon Anda?

komentar