Kabupaten Lingga Siap Boyong Adipura

556
Pesona Indonesia
Rapat koordinasi persiapan raih adipura. foto:wijaya satria/batampos
Rapat koordinasi persiapan raih adipura. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga Junaidi Adjam dalam rapat koordinasi dengan sejumlah instansi dan masyarakat membahas persiapan meraih Adipura di Gedung Sanggar Praja, Dabo Singkep, belum lama ini, menyatakan Kabupaten Lingga telah siap dan memenuhi seluruh kriteria penilaian.

“Dari 14 kriteria penilaian Adipura, Kabupaten Lingga telah siap sekitar 60 persen dari keseluruhan ” kata Junaidi.

Dari keseluruhan penilaian, Junaidi memastikan, Pemkab Lingga hanya tinggal berbenah dibeberapa item saja yakni pengelolaan sampah seperti bank sampah dan lahan terbuka hijau. Namun untuk kesiapan lainnya yang akan dinilai panitia Adipura, Junaidi memastikan akan mendapat nilai yang baik.

Diantara kategori penilaian yang akan mendapat hasil bagus, Dabo Singkep memiliki Bandara Udara yang baik, bersih dan rapih. Sedangkan pasar Dabo Singkep juga akan diprediksikan mendapatkan nilai tinggi karena sesuai dengan kriteria yang diinginkan panitia Adipura yakni pasar ikan dan pasar sayur terpisah.

Selain itu, Junaidi juga memberikan apresiasi kepada sekolah SMAN 1, SMAN2 dan SMPN2 karena telah memiliki persiapan yang mumpuni untuk mendapat penilaian tinggi untuk meraih Adipura. Sekolah ini memiliki taman yang bersih, penataan lingkungan bahkan telah memiliki pengolahan sampah menjadi kompos.

“Hanya saja tong sampah organik dan non organik masih terpisah belum di satu lokasi yang sama,” ujar Junaidi.

Junaidi mengaku bersyukur karena tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Singkep Barat telah selesai. TPA adalah salah satu syarat mutlak bagi peserta yang mengikuti Adipira, jika tidak ada TPA daerah tersebut tidak dapat mengikuti ajang bergengsi ini.

Selain seluruh kategori penilaian tadi, Junaidi mengaku masih harus membenahi beberapa kekurangan yang ada seperti masih banyaknya tanaman gulma di pinggir jalan, tong sampah di pertokoan, dan pengolahan sampah atau bank sampah yang belum ada di Kabupaten Lingga.

Begitu juga dengan pantai wisata yang diajukan dalam penilaian Adipura masih kekurangan tong sampah dan pembenahan toilet dan sebagainya.

Untuk itu, Junaidi akan mengerahkan sekitar 500 sampai 600 warga pada 1 Juni untuk melakukan aktifitas pembersihan dan penanaman lingkungan sekaligus memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat untuk mendukung Kabupaten Lingga meraih Adipura. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar