Selain Jengkol, Harga Petai Juga Naik Jelang Ramadan

1631
Pesona Indonesia

094204_412116_petai_buahbatampos.co.id – Memasuki Ramadan harga sejumlah komoditas sayur mayur mengalami kenaikan. Kenaikan paling mencolok pada jengkol dan petai. Kini, harga jengkol di pasar-pasar Seibeduk dibanderol Rp 38 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya hanya Rp 22 ribu per kg. Sedangkan petai yang sebelumnya dijual Rp 30 ribu per kg, sekarang naik jadi Rp 48 ribu per kg.

”Sayur-sayuran naik, stoknya sudah berkurang,” ujar Minaria, penjual sayur di Pasar Seibeduk kepada koran Batam Pos (grup batampos.co.id) kemarin.

Selain dua komoditas tersebut, kata Minaria, harga cabai juga melambung, dimana sebelumnya di kisaran Rp 28 ribu per kg, kini sudah mencapai Rp 35 ribu per kg. Sayur sawi putih juga naik dari harga Rp 9 ribu per kg, kini naik menjadi Rp 16 ribu per kg.

Minaria mengaku kenaikan harga kebutuhan dapur tersebut berdampak kepada pembeli. Mereka yang biasa beli per kilo, sekarang hanya bisa beli per ons saja. ”Pelanggan banyak yang mengeluh, kok semuanya pada naik,” ucapnya.

Namun demikian, sambungnya, tidak semua sayur mayur mengalami kenaikan menjelang Ramadan ini. Bahkan beberapa sayur mulai turun, seperti bayam, kangkung, wortel, kentang, tomat, kacang panjang. Rata-rata harganya masih di kisaran Rp 3 ribu hingga Rp 11 ribu per kg.

Toni, pedagang sembako mengatakan untuk harga telur dan minyak belum ada tanda-tanda kenaikan. ”Saat ini belum naik, kita tengok kondisi, kalau stoknya banyak harganya turun, kalau gak harganya pasti naik,” sebutnya. (cr19)

Respon Anda?

komentar