18.967 Murid SD di Batam Ikut UN

606
Pesona Indonesia
Ujian Nasional Sekolah Dasar  (SD). Foto: tempo.co
Ujian Nasional Sekolah Dasar (SD). Foto: tempo.co

batampos.co.id – Hari ini, Senin (16/5/2016) giliran murid-murid sekolah dasar (SD) yang akan ujian akhir. Tercatat sebanyak 18.967 murid SD sederajat maupun paket A akan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) hingga 18 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan ujian untuk tingkat SD sederajat tidak menggunakan istilah Ujian Nasional (UN), melainkan USBN. Hal itu lantaran sebagian besar soal ujian dibuat di tingkat daerah.

”Kalau untuk SD bunyinya seperti itu (USBN), bukan ujian nasional. Karena 75 persen soalnya dari daerah,” kata Muslim, Minggu (15/5/2016).

Menurutnya pembuatan soal ujian dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, sementara tingkat kota maupun kabupaten hanya menyelenggarakan. ”Soal (ujian) dari provinsi, kita tinggal terima saja sebagai penyelenggara,” terangnya.

Lebih lanjut Muslim menuturkan USBN tak berbeda dengan UN. Pelaksanaannya sama saja. Seperti biasa soal-soal disimpan di polsek-polsek dulu,” jelasnya.

Muslim mengatakan, walau hasil ujian ini tak menentukan kelulusan siswa, namun dia berharap agar orangtua dapat membimbing dengan baik anak-anaknya agar mengikuti ujian dengan lancar.

”Paling tidak hasilnya nanti dijadikan patokan untuk ke sekolah yang lebih tinggi,” ujarnya. (cr13/bp)

Respon Anda?

komentar