Parkir Sembarangan, Siap-siap Dikenakan Denda Segini

1244
Pesona Indonesia
Banyak mobil yang parkir di badan jalan sehingga membuat macet jalan raya simpang rujak, Kampung Seraya. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Ilustrasi foto mobil yang parkir di badan jalan.
Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos/JPG

batampos.co.id – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru berencana menaikkan denda parkir sembarangan dari Rp 20.000 menjadi Rp 500.000-600.000.

“Sejauh ini memang kita belum melakukan penindakan terhadap kendaraan parkir sembarangan, karena berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) denda kendaraan parkir sembarangan hanya Rp 20.000,” ujar Kasubag UPTD Parkir Dishubkominfo Kota Pekanbaru Sarwono, kepada Riaupos.co (Jawa Pos Group).

“Inilah yang salah satu alasan belum menjalankan aturan itu karena  dihitung biaya derek kendaraan lebih besar dari denda. Akibatnya, jika diterapkankan, hanya akan merugikan daerah.

“Sekarang ini Perda untuk denda penindakan parkir hanya Rp 20.000, sedangakan biaya dereknya lebih dari itu. Maka, banyak yang tidak kami laksanakan karena dinilai akan merugikan daerah,” ungkapnya, Senin (16/5).

Maka untuk menekan jumlah kendaraan parkir sembarangan, kata Sarwono, pihaknya akan menaikkan denda parkir sembarangan. Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah menyusun rancangan Perda kenaikan denda parkir sembarangan yang nanti diajukan ke DPRD untuk disahkan.

“Kami sudah mengajukan Ranperda ke DPRD, tapi Dewan meminta kami untuk melakukan kajian terlebih dahulu. Kini, kajian itu tengah kami siapkan,” paparnya.

Lebih lanjut Sarwono menyampaikan, apabila nanti Perda itu telah disahkan, pihaknya akan menertibkan seluruh kendaraan yang parkir sembarangan di tepi jalanan yang ada di Kota Pekanbaru.(jpg)

Respon Anda?

komentar