Tour de Barelang 2016 Kategori Gran Fondo Diikuti 18 Negara

681
Pesona Indonesia
Para peserta balap sepeda dari 18 negara kategori Granfondo Tour De Barelang saat melintasi kawasan Batamcenter menuju jembatan Barelang, Minggu (15/5/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Para peserta balap sepeda dari 18 negara kategori Granfondo Tour De Barelang saat melintasi kawasan Batamcenter menuju jembatan Barelang, Minggu (15/5/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id –  Hari kedua pehelatan Tour De Barelang kategori The Gran Fondo yang mengambil start di Dataran Engku Putri, Batamcenter berlangsung sukses Minggu (15/5/2016) pagi. Kegiatan ini diikuti 109 peserta dari 18 negara dan disaksikan ribuan orang.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan kegiatan bertema “The Gran Fondo Tour De Barelang 2016” merupakan kerjasama Disparbud Batam dengan Cycosports, serta didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI.

“Peserta yang ikut ada 109 orang dari 19 negara. Dan kita lihat, masyarakat sangat antusias menyaksikannya, meski tanpa kita undang,” kata Rudi.

Menurut dia, Tour De Barelang mampu menarik minat turis mancanegara untuk berpartisipasi. Sehingga event ditahun kelima ini bisa mencapai target wisman. Dengan meningkatnya wisman, maka infrastruktur yang ada di kota Batam harus dibenahi. Sehingga bisa memberi kenyamanan wisman manca maupun lokal yang berkunjung.

“Perbaikan infrastruktur menjadi skala prioritas karena menimbulkan kenyamanan bagi turis mancanegara. Sebab, mereka yang berkunjung pasti ingin tahu keadaan Batam seperti apa,” sebut Rudi.

Ia mengatakan, tahun ini menargetkan kunjungan wisman 1,7 juta orang. Karena itu ia akan mempertahankan dan mengembangkan potensi lokal untuk kegiatan nasional maupun internasional. Seperti lomba perahu layar yang biasanya di Tanjung Pinang akan beralih ke Batam.

“Kita harus optimis menjadikan Batam sebagai kunjungan wisata,” tegas Rudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan Tour De Barelang 2016 merupakan kegiatan sport turism yang sengaja berlokasi di area publik dapat dijangkau masyarakat. Jarak tempuh Gran Fondo sejauh 90 kilometer, start dari Dataran Engkuputri Batam Centre dan finish di Jembatan I Barelang.

“Gran Fondo ini kegiatan funnya, juga dilakukan lomba untuk kategori 4 dengan perserta dan 15 kilometer per jam, perhitungan waktu bisa dilihat di google,raceresult.com.” Jelas Yusfa.

Sehari sebelumnya Tour De Barelang 2016 kategori Race sudah digelar di Pelabuhan Internasional Sekupang, diikuti 214 peserta dari 23 Negara. (she)

Respon Anda?

komentar