7 Prioritas Pembangunan Karimun, Salah Satunya Pemerataan Infrastruktur

1378
Pesona Indonesia
Karimun
Karimun

batampos.co.id – Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan, rapat Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karimun untuk 2016-2021 untuk memantapkan program pembangunan infrastruktur di Kabupaten Karimun selama lima tahun kedepan.

”Jadi berikan masukan, untuk 5 tahun kedepan prioritas mana yang akan dibangun di 12 kecamatan yang sejalan dengan program di masing-masing Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemda Karimun,” jelasnya saat pembukaan RPJMD diruang rapat kantor Bupati Karimun, kemarin (16/5).

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karimun Djunaidy memaparkan, ada 7 prioritas pembangunan untuk 5 tahun mendatang. Diantaranya, percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur dan kawasan perbatasan dalam rangkat peningkatan daya saing daerah. Kemudian, optimalisasi potensi dan sumber daya strategis daerah khususnya sektor pertanian, perikanan dan pertambangan berbasis kelestarian lingkungan.

Pemerataan dan peningkatan pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan penyediaan pelayanan dasar air bersih, sanitasi, listrik dan perumahan. Selanjutnya, peningkatan pemberdayaan masyarakat, perluasan kesempatan kerja, pengentasan kemiskinan serta persamaan gender. Selain itu pengendalian dan pengawasan penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja dan penyakit masyarakat, memperkuat nilai-nilai budaya serta peningkatan iman dan taqwa. Yang terakhir peningkatan kualitas pelayanan publik.

”Ketujuh prioritas pembangunan di Kabupaten Karimun, harus dapat tercapai selama 5 tahun mendatang. Keberhasilan tersebut, tergantung kerjasama semua pihak untuk mewujudkannya,” kata Djunaidi.

Lanjutnya, saat ini sedang proses pembangunan penyediaan dasar air bersih yang dikucurkan dari Pemerintah Pusat dalam bentuk infrastruktur. Sedangkan, dibidang perekonomian Pemerintah Daerah (Pemda) Karimun terus memberikan motivasi dan mempermudah proses perizinan usaha mulai pelaku usaha mkiro, kecil dan menengah hingga berskala nasional maupun international.

Kemudian dibidang pariwisata juga terus digenjot. Dengan objek wisata bahari yang cukup berpotensi, terus dilakukan perbaikan dan pembenahan mulai dari objek wisata hingga masyarakat sekitarnya. Sehingga, akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat nantinya.

“Saya optimis lima tahun kedepan, Kabupaten Karimun akan berkembang pesat bersama kabupaten/kota lainnya di Kepri ini,” tutupnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar