Belajar Bisa di Perpustakaan BP Batam di Batam Center

981
Pesona Indonesia
foto: BP Batam
foto: BP Batam

batampos.co.id – Sekelompok pelajar putri SMU 8 Batam, kelas XI jurusan MIPA, tampak duduk lesehan, berkerumun mengelilingi sebuah meja dengan beralaskan karpet. Mereka sibuk mengetik dengan beberapa laptop mereka dan beberapa buah buku sejarah. Mereka adalah Ega Rintian, Dwi Furwana Aru, Mauziatul Afny, Karina Travis, Angelita dan Tahlia.

Semula hanya empat orang yang datang, namun tak lama kemudian, beberapa teman mereka pun mulai berdatangan. Kunjungan mereka ke Perpustakaan BP Batam pada Jumat (13/5) lalu, adalah untuk menyelesaikan tugas dari sekolahnya sebelum ujian kenaikan kelas.

“Kami ke sini sedang mengerjakan tugas dari guru. Membuat karya ilmiah tentang sejarah yang berkaitan dengan Batam. Kami memerlukan bahan-bahan penulisan kami,” ujar Dwi Furwana Aru salah seorang dari mereka.

Sementara itu di meja yang lain, tampak empat pelajar SMU 3 Batam, yang baru saja lulus dari sekolahnya, Esmeralda, Shafira, Susanta, Rima Najiha, dan Zulaika. Mereka ke perpustakaan

Alda, begitu panggilan Esmeralda, mengatakan, dirinya ke Perpustakaan BP Batam, untuk membaca dan belajar dalam rangka persiapan menempuh Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan digelar pada 31 Mei 2016 mendatang. Alda berniat untuk mengikuti ujian di wilayah 1 dan berharap dapat diterima di antara 3 perguruan tinggi yang diminatinya, salah satu di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI). Ia berminat untuk mendalami Bahasa Jerman dan Kriminologi.

Sementara dua orang teman Alda lainnya, sudah diterima di Universitas Negeri Malang (UNM) Jawa Timur, dan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), melalui program jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan mengambil program studi Bahasa Jerman.

Alda mengatakan, ia dan beberapa teman-temannya baru dua kali ke perpustakaan ini.

“Ruang bacanya yang sejuk dan nyaman, tempatnya juga tenang dan bersih,” ujar Alda.

Ia memanfaatkan waktu luangnya untuk lebih banyak membaca dan belajar menjawab soal-soal ujian masuk PTN di Perpustakaan BP Batam.

Baik Alda dan beberapa temannya dari SMA Negeri 3 Batam, maupun Dwi Furwana Aru dan teman-temannya dari SMA Negeri 8 Batam, mengetahui keberadaan Perpustakaan BP Batam atas informasi teman-temannya yang telah berkunjung sebelumnya ke perpustakaan ini.

Ruang layanan dan ruang baca Perpustakaan BP Batam berada di lantai dua Gedung B, IT Centre itu belakangan memang banyak dikunjungi para pemustaka, khususnya pelajar SMU dan SMK, serta para mahasiswa. Kehadiran perpustakaan itu sangat membantu para pelajar dan peneliti untuk mencari referensi bacaan dan bahan penelitian. (rilis)

Respon Anda?

komentar