Dua Bulan Gaji Tambahan PNS Cair Jelang Lebaran

1086
Pesona Indonesia
PNS malas dengan kompetensi yang rendah jadi sasaran rasionalisasi. Sementara di Lingga, PNS yang indisipliner dipecat. Foto: istimewa
PNS akan menerima dua bulan tambahan gaji yang bakal cair bersamaan jelang lebaran. Namun harusnya diimbangi dengan kinerjayang baik, bukan malas-malasan. Foto: istimewa

batampos.co.id – Pemerintahan Presiden Joko Widodo memang menghapus istilah gaji ke-13 dan menetapkan 4,4 juta PNS mendapat gaji 14 kali dalam setahun.

Dua bulan gaji tambahan itu terdiri dari satu bulan tunjangan hari raya (THR), satu bulan lagi untuk keperluan anak sekolah.

Menariknya lagi, dua bulan tambahan gaji itu akan dicairkan bersamaan menjelang lebaran Juli 2016 ini.

“Kita masih menunggu PP  ketentuan pencairan dua kali gaji tambahan itu. Posisi sekarang masih harmonisasi antar kementerian. Dibahas di Kemenkum-HAM,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman, Senin (16/5/2016) malam.

Menurut dia, PP itu akan terbit Juli nanti. Sebab menyesuaikan dengan jatuhnya lebaran pada 6 Juli. Selain itu tahun ajaran baru 2016/2017 juga dimulai setelah lebaran.

Dia tidak bisa memungkiri, selama ini banyak PNS yang melakukan beragam cara untuk mencari uang tambahan sebagai THR. Sebab kebutuhan mendekati lebaran, pasti lebih besar dibanding hari-hari biasanya.

Namun Herman  pemberian gaji ke-13 dan ke-14 harus diimbangi dengan peningkatan kualitas PNS dalam melayani masyarakat. ’’Kedisiplinan menerapkan jam kerja harus diutamakan,’’ harapnya. (wan/agm/JPG/nur)

Respon Anda?

komentar