Jalan di Dabo Singkep Tergenang Air

1100
Pesona Indonesia
Banjir di jalan menuju pasar Dabo Singkep. foto:wijaya satria/batampos
Banjir di jalan menuju pasar Dabo Singkep. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Seputaran pasar di Dabo Singkep terendam air setinggi 45 cm. Padahal hujan kurang lebih satu jam. Air tergenang di jalan itu masuk hingga ke sejumlah toko di kawasan tersebut. Genangan air ini juga menghambat aktivitas warga yang ingin melintas di sana.

”Biasanya air naik tapi tak sampai masuk toko,” ujar seorang warga, Yendi di lokasi, Senin (16/5) siang.

Kondisi ini diperparah adanya sejumlah gorong-gorong dan saluran air di sekitar Pasar Dabo Singkep yang banyak tertutup oleh bangunan pertokoan serta jembatan penghubung toko dan jalan.

Selain itu, kondisi saluran air juga mengalami pendangkalan, sehingga tidak dapat menampung volume air yang lebih besar seperti biasanya. ”Liat saja banyak saluran yang telah penuh dengan tanah dan pasir,” katanya.

Sebelumnya, Camat Singkep Kisanjaya bersama masyarakat setempat sudah membersihkan sejumlah lokasi di sana, seperti saluran air dan gorong-gorong. Tujuannya untuk mengatasi kondisi yang terjadi seperti saat ini. Namun gotong royong itu tidak bermanfaat banyak karena banyaknya bangunan yang menutupi saluran air.

Kisanjaya juga sempat marah kepada beberapa orang pemilik bangunan yang menutup habis saluran dengan bangunan tanpa dapat dibuka tutup untuk dibersihkan. Hasilnya, kondisi saluran air banyak yang sumbat. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar