Kakek Suku Asli Kundur Usia 62 Tahun Ikut Ujian Paket A

1161
Pesona Indonesia
Penilik Keaksaraan dan Kesetaraan PKBM Bakti Negeri Khalil (kanan) foto bersama Bhabinkamtibmas usai pengamanan ujian paket A. foto:imam soekarno/batampos
Penilik Keaksaraan dan Kesetaraan PKBM Bakti Negeri Khalil (kanan) foto bersama Bhabinkamtibmas usai pengamanan ujian paket A. foto:imam soekarno/batampos

batampos.co.id – Putang, Ketua Suku asli di Kecamatan Kundur Utara, ikut sibuk di antara siswa di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Bakti Negeri, Senin (16/5) kemarin. Pria berusia 62 tahun itu, hadir bersama anaknya untuk mengikuti ujian paket A bersama 21 siswa lainnya untuk mendapatkan ijazah setara sekolah dasar (SD).

Putang menyebutkan, semula ada enam orang yang akan ikut ujian paket A. Namun karena kesibukan bekerja, sehingga menyisakan dia dan anaknya yang ikut ujian Paket A.

Sejatinya, Putang menyadari usianya yang tidak muda lagi untuk mengenyam pendidikan. Namun lantaran keikutsertaannya lebih untuk memotivasi anak-anaknya maupun suku asli agar mau belajar, makanya dirinya mengambil ujian tersebut.

“Saya ikut ujian paket A bukan sekadar untuk mencari ijazah, tetapi lebih pada memberikan dorongan kepada anak-anak dan masyarakat suku asli agar tidak ketinggalan dalam menimba ilmu. Anak-anak dan suku asli selama ini banyak yang belum tahu tulis baca. Nah, dengan adanya kegiatan PKBM dari Bakti Negeri inilah, saya dan anak-anak serta masyarakat bisa tulis baca,” kata Putang.

Sementara Khalil, penilik kesetaraan dan keaksaraan menyebutkan, sebelumnya ada enam orang dari suku asli yang mendaftar ujian paket A. Tapi hanya dua orang yang hadir. Ada 21 peserta orang yang ikut ujian paket A, dan sebelumnya paket B diikuti 56 orang. Sedangkan paket C sebanyak 66 orang.

Kegiatan PKBM Bakti Negeri Kundur Barat telah melaksanakan aktivitas belajar mengajar di sejumlah suku asli yang ada di Pulau Kundur. “Kami menyambut baik dengan keinginan masyarakat yang semangat untuk belajar sekaligus menjadi motivasi bagi PKBM Bakti Negeri terus melaksanakan kegiatan,” paparnya. (ims/bpos)

Respon Anda?

komentar