PPDB Sekolah Negeri di Batam Dibuka Juni

3782
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.

batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017 untuk beberapa sekolah negeri di Batam akan dimulai pertengahan Juni mendatang. ”Sekolah favorit mulai 13 Juni, kalau sekolah reguler 20 Juni,” kata Muslim, pekan lalu.

Menurut dia, jadwal PPDB sekolah favorit memang dimulai lebih awal ketimbang sekolah reguler. Tujuannya, agar tak terjadi penumpukan pendaftar di sekolah favorit sedangkan sekolah reguler sepi pendaftar. ”Kalau sekolah favorit sudah menerima siswa, (calon siswa) yang lain bisa memilih sekolah reguler lainnya,” papar Kepala Dinas.

Muslim menjelaskan, jadwal PPDB bagi sekolah favorit tersebut sudah mundur beberapa bulan dari jadwal yang direncanakan sebelumnya.
Disdik Kota Batam awalnya akan membuka PPDB sekolah favorit itu pada akhir April hingga awal Mei lalu. ”Tapi karena juknis (petunjuk teknis) yang kita buat tidak cocok dengan yang dibuat (Disdik) Provinsi (Kepri), makanya kita jadwal ulang,” paparnya.

Tak hanya itu, sambung Muslim, jika penerimaan sekolah unggulan dipaksakan pada April lalu, sekolah dipastikan bakal kesulitan dalam menyeleksi para siswa. Pasalnya, untuk jenjang SMP dan SMA, dibutuhkan nilai hasil ujian dari jenjang SD atau SMP sebagai salah satu item penilaian. ”Tapi kan ujian SD baru diadakan Senin (kemarin), jadi lebih pas kalau pendaftaran juga diadakan setelah itu,” jelas Muslim.

Terkait prosedur dan mekanisme PPDB baik di sekolah favorit maupun di sekolah reguler, Muslim mengaku masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dari pusat, dan juknis dari provinsi. ”Setelah itu turun, akan langsung kita distribusikan ke masing-masing sekolah,” kata dia.

Sementara itu, sejumlah orangtua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya mengeluhkan belum adanya pengumuman resmi dari Disdik terkait penerimaan siswa baru. Salah satunya Yanto. Dia mengaku kesulitan memperoleh informasi terkait penerimaan siswa baru. ”Saya mau cari tahu kapan penerimaan murid baru,” kata Yanto saat dijumpai di Kantor Disdik Kota Batam beberapa waktu lalu.

Dia datang bersama putrinya yang baru saja selesai mengikuti ujian nasional (UN) di SMPN 3 Batam. Dia beralasan keinginan untuk bersekolah di SMAN 1 karena lokasi sekolah dekat dengan tempat tinggalnya.

Hal serupa juga dialamai Nursiah, warga Perumahan Tiban Sampurna. Ia terlihat mendatangi SMAN 1 untuk mencari informasi penerimaan siswa baru. Namun yang ia dapat belum ada informasi dan tanggal pasti penerimaan. ”Anak sudah selesai UN, maunya ke SMAN 1. Hanya saja kata staf (Disdik) belum ada informasi,” ujar wanita 45 tahun ini.

Kepala SMAN 1 Batam, M. Chaidir juga mengaku belum mendapat informasi untuk jadwal penerimaan siswa baru. ”Tunggu saja, nanti kalau sudah akan kami infokan,” ujarnya beberapa waktu lalu. (rna/cr17)

Respon Anda?

komentar