PT Medco Bakal Susul PT Santos Eksploitasi Minyak dan Gas di Natuna

1325
Pesona Indonesia
Santos Northwest Natuna B.V kini mengambil alih migas di Blok Ande-Ande Lumut, Natuna, Kepri. Foto: smabuenergy.com
Santos Northwest Natuna B.V kini mengambil alih migas di Blok Ande-Ande Lumut, Natuna, Kepri. Foto: smabuenergy.com

batampos.co.id – Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Pemkab Natuna, Ilham Kauli mengatakan, pengeboran minyak dan gas lepas pantai oleh PT Santos sudah dimulai tahun 2015 lalu.

Diperkirakan, kata Ilham, ekplorasi bakal berlanjut pada proses ekploitasi atau produksi pada tahun depan. PT Santos merupakan pengganti PT AWE, karena sahamnya dijual.

“Sekaran ekplorasi sudah dikerjakan PT Santos di ladang migas Ande Ande Lumut, blok Natuna West, kemungkinan tahun depan produksi,” ujar Ilham, Senin (16/5).

Masuknya perusahaan pengeboran minyak dan gas asal Australia ini, kata Ilham, memberikan harapan baru bagi Natuna. Karena Natuna bisa mendapatkan pendapatan lebih dari sektor dana bagi hasil migas, jika sudah mulai produksi.

Tidak hanya pendapatan daerah, sambung Ilham, berproduksinya blok Ande Ande Lumut akan menyerap lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Natuna.

Bahkan selain PT Santos, kata Ilham lagi, PT Medco juga akan segera masuk melakukan eksploitasi, menggantikan PT Lundin setelah sahamnya diakuisisi oleh PT Medco.

“Medco juga akan ekpolitasi menggantikan Lundin, semoga saja bisa menjadi nilai tambah bagi daerah dan masyarakat Natuna,” harap Ilham Kauli.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar