Taman Internet di Anambas Bisa Dinikmati secara Gratis

554
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyiapkan akses internet bermadah. Sesuai dengan rencana berlokasi di depan kantor Bupati Kepulauan Anambas. Tujuan dari pembangunan taman internet ini yakni agar sejumlah masyarakat Tarempa dapat menikmati internet secara gratis. Internet akan dibuka mulai pulul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas Odi Karyadi mengatakan, untuk membangun internet bermadah ini pihaknya berkoordinasi dengan Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas. Pihaknya sudah menyediakan dan membagi kuota
bandwitch untuk pembangunan internet itu yakni sekitar 2 Mega.

“Bupati telah memberi arahan kepada kita untuk melaksanakan program seratus hari, salah satunya internet bermadah,” ungkapnya kepada wartawan.

Namun hal itu belum dapat dilaksanakan sebab ada kendala secara teknis dilapangan, seperti fasilitas umum pendukungnya belum siap. Seperti yang terlihat di lapangan, saat ini baru ada beberapa bangku saja sementara listrik, meja dan bahkan sarana pelindungnya belum ada.

“Fasilitas pendukungnya belum siap, seharusnya taman internet itu harus ada meja kursi minimal, kalau perlu ada atap jadi lebih nyaman. Tentunya bagian umum di sekretariat daerah yang akan menyiapkan fasilitas pendukung lainnya. Kami hanya menyiapkan kuota internet saja,” ucap Ody Karyadi.

Karena pihaknya sudah mengalokasikan 2 megabite untuk internet bermadah, maka kuota yang dimiliki oleh SKPD terpaksa dikunci saat akses tersebut dibuka untuk umum. “Tidak terlalu sulit, hanya pengaturan saja yang harus teliti,” jelasnya.

Program yang dibuat oleh Bupati dan Wakil Bupati sangat baik, demi masyarakat Anambas yang masih kekurangan akses internet dapat menikmatinya dengan jadwal yang telah ditentukan. Ia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat menggunakan akses internet ke hal yang positif dan tidak menjadikan akses internet yang akan merugikan pihak lain atau diri sendiri yang mengakibatkan melanggar hukum. “Gunakanlah akses internet ke hal positif,” ucapnya.

Sementara itu salah seorang pemuda Tarempa, Dedi Syahputra, menyambut baik dengan program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Namun ia menilai pembantu Bupati masih lamban menjalankan program visi dan misi ini. Ia menambahkan jauh sebelumnya Bupati sudah berjanji akan
segera membuat tempat masyarakat untuk mengakses internet dengan mudah, tapi sampai hari ini belum nampak realisasinya.

Ia berharap akses internet yang akan terpasang nantinya bisa tepat sasaran. “Kita lihat saja nanti yang nikmati akses internet apakah masyarakat atau para pejabat,” cetusnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar