Ujian SD Hanya Tiga Mata Pelajaran

728
Pesona Indonesia
Pelaksanaan ujian sekolah di salah satu SD di Karimun, Senin (16/5). foto:tri haryono/batampos
Pelaksanaan ujian sekolah di SD 013 Karimun, Senin (16/5). foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, di Karimun, berjalan lancar. Sebanyak 4.583 pelajar yang terdiri dari laki-laki 2.380 dan 2203, semuanya telah mengikuti US termasuk Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Luar Biasa (SLB). Kumlah sekolah yang ikut US sebanyak 148 sekolah untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) 122 sekolah, Sekolah Dasar Swasta (SDS) 12 sekolah, MIN/S 11 sekolah, SLB 3 sekolah serta program Paket B tahun 2016.

”Alhamdulillah, hari pertama semua ikut US. Dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, waktu durasi 120 menit dengan 50 soal yang harus di jawab oleh peserta US,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun, Bakri Hasyim, di Tanjungbalai Karimun, kemarin (16/5).

Dijelaskan, kenapa pelaksanaan US hanya tiga mata pelajaran yang dilaksanakan. Sebab, tiga mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah standar nasional. Artinya, seluruh Indonesia tiga mata pelajaran tersebut sistem pembelajarannya sama. Kemudian, akan disusul mata pelajaran lokal yang tetap dilakukan US.

Ketiga mata pelajaran tersebut, dengan soal objektif atau pilihan ganda a, b, c, d yang cara menjawabnya memilih salah satu dengan menyilang di huruf tersebut. Sedangkan, untuk soal hari ini (Selasa) mata pelajarannya Matematika dengan jumlah soal 40. Hri Rabu pelajaran IPA.

”Selama tiga hari US untuk tiga mata pelajaran yang bertaraf standar nasional. Kemudian, dilanjutkan US dengan mata pelajaran lokal yang ada di masing-masing daerah,” ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013 Karimun Riva Nurlilla mengatakan, anak didiknya yang mengikuti US tahun 2016 sebanyak 59 orang dengan menggunakan 3 kelas. Dengan pengawas silang sebanyak 6 orang, masing-masing kelas dua orang.

”Syukurlah, kelihatannya anak-anak tersebut bisa menjawab soal pada hari pertama,” singkatnya.

Pantauan di lapangan, sejak pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB para pelajar SDN 013 Karimun secara serius melihat lembar soal satu persatu dengan tangan kiri. Sedangkan, tanan kanan dengan menggunakan pinsil untuk menjawab soal yang telah dibacanya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar