Astaka Hampir Rampung, MTQ Kepri Siap Digelar

1204
Pesona Indonesia
 Astaka MTQ Provinsi Kepri. foto:jailani/batampos.co.id
Astaka MTQ Provinsi Kepri. foto:jailani/batampos.co.id

batampos.co.id – Pembangunan astaka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Kepri VI terus dikebut siang dan malam. Apabila tidak ada halangan, hari ini, Rabu (17/5) sudah rampung dikerjakan. Hanya saja pelaksanaan MTQ nanti dikhawatirkan diganggu oleh hujan.

“Persiapan pembangunan astaka utama sudah diatas 95 persen. Apabila tidak ada halangan besok (hari ini,red) atau lusa (besok,red) sudah selesai dikerjakan kontraktor,” ujar Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Astaka MTQ Provinsi Kepri, Muhammad Ali Daud, Selasa (16/5) di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Lebih lanjut katanya, pembangunan yang sedang berlangsung di sekitar lokasi adalah dilakukan oleh Biro Perlengkapan Provinsi Kepri. Karena sesuai kontraj kerja, fokus Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri adalah menyelesaikan pembangunan astaka utama yang ada didepan Gedung Daerah Tanjungpinang.

“Sampai sejauh ini, proses pembangunan dan hasilnya sudah sesuai dengan yang kita rencanakan,” jelas Muhammad Ali.

Sementara itu, Kepala Badan Metreologi Klimatologi dan Geofiaika (BMKG) Tanjungpinang, Dira Utama mengatakan kegiatan MTQ Provinsi Kepri VI berpotensi diganggu oleh hujan. Pasalnya berdasarkan prakiraan cuaca yang dilakukan pihaknya pada tanggal 20 Mei nanti, Tanjungpinang dan sekitarnya akan terjadi hujan. Hanya saja curah hujannya ringan.

“Hujannya diperkirakan terjadi pada siang hari. Namun tetap waspada, karena sesekali hujan disertai angin kencang,” jelas Dira Utama, kemarin.

Senin (15/5) lalu Plt Sekdaprov Kepri Reni Yusneli mempimpin rapat evaluasi final untuk persiapan MTQ VI tingkat Provinsi Kepulauan Riau, di Gedung Daerah Tanjungpinang. Rapat ini dilaksanakan untuk memastikan rangkaian acara yang sudah ditetapkan pada rapat-rapat sebelumnya, seperti masalah kesiapan astaka, penari, pengisi acara dan lain sebagainya sudah siap semuanya.

MTQ VI Kepri sendiri akan dilaksanakan tanggal (21/5) sampai (28/5) mendatang. Diawali dengan penyambutan khafilah dari masing-masing Kabupaten dan Kota, yang mulai datang 18 Mei. Pendaftaran dimulai pada tanggal 19 Mei. Kemudian dilanjutkan dengan acara malam ta’aruf pada 20 Mei. Adapun Kegiatan Ta’aruf, pelantikan dewan Hakim, Pembukaan stand Bazar hingga Pembukaan MTQ pada MTQ VI oleh Plt. Gubernur Kepri pada 21 Mei.

Adapun tema besar yang diangkat untuk MTQ VI ini adalah “Aktualisasi Nilai-Nilai Universal Al-Qur’an untuk mempercepat Revolusi Mental”. Hal ini akan menampung tamu sekitar 1700 kursi, dan juga terbuka untuk masyarakat umum. Reni berharap dengan perencanaan yang sudah sematang ini agar dapat di implementasikan dengan semaksimal mungkin.

“Tema, Logo dan seluruh rangkaian acara mulai dari awal hingga akhir sudah oke. Ini merupakan rapat terkahir kita sebelum acara di mulai beberapa hari kedepan. Saya harap agar tempat seperti astaka segera rampung, karen tanggal 17 sudah akan digunakan untuk gladi bersih Kita semua tentu berharap agar pengimplementasian event ini akan maksimal sesuai perencanaan yang telah kita tetapkan dari rapat-rapat yang kita selenggarakan sebelum-sebelumnya,” ujar Reni.

Rapat Evaluasi ini sendiri dihadiri oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, juga kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Di akhir rapat, Reni menambahkan bahwa untuk berhasilnya event ini, maka seluruhnya harus menyatukan pendapat dan saling koordinasi dengan baik antar sesama panitia.

“Berhasil tidaknya acara ini bukan hanya dengan perencanaan yang matang saja, pada pelaksanaannya nanti kita harus berkoordinasi dengan baik juga, itu penting agar tidak terjadi kesalahan yang akan menurunkan nilai kesuksesan acara,” tutup Reni.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar