Cari Siswa Terbaik, Disdik Batam Gelar Lomba Kompetensi SMK 2016

891
Pesona Indonesia
Para peserta dan pembimbing saat defile pada pembukaan  Lomba Kompetensi Siswa SMK Kota Batam di Kampus Putra Batam, Selasa (17/5). Foto: Ist
Para peserta dan pembimbing saat defile pada pembukaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Kota Batam di Kampus Putra Batam, Selasa (17/5). Foto: Ist

batampos.co.id – Dinas Pendidikan Kota Batam menggelar lomba kompetensi siswa SMK di Universitas Putera Batam, Tembesi, kemarin. Lomba yang diikuti 169 pelajar ini bertujuan mencari siswa SMK terbaik untuk mewakili Batam.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan LKS SMK 2016 ini diikuti 45 SMK Negeri dan swasta yang digelar hingga 19 Mei. Lomba dibagi menjadi 21 bidang dengan empat kategori besar yakni pariwisata, bisnis manajemen, kesehatan, serta teknologi dan informasi.

“Pesertanya merupakan siswa kelas X dan XI. Tiap SMK hanya dapat kirimkan satu wakil di setiap bidang lomba,” kata Muslim.

Menurut dia, tujuan dari kegiatan adalah mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK dibandingkan standar baku yang berlaku nasional dan internasional. Kemudian menyusun peringkat peserta untuk dijadikan seleksi calon peserta lomba yang mewakili Batam di tingkat provinsi dan nasional. Serta mempromosikan potensi lulusan sekolah jurusan ke dunia usaha.

“Hasil yang diharapkan yaitu terpilihnya siswa terbaik untuk mewakili Batam, mengembangkan SMK di Kota Batam, dan meningkatkan citra SMK sebagai pilihan tepat untuk tempat pendidikan dan pelatihan berkualitas,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan saat ini dunia sedang membincangkan tentang kompetensi sebuah bangsa. Dan kompetensi Indonesia sebagai sebuah bangsa jeblok, tercermin dari kesiapan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean yang berada di tingkat 5 dari 10 negara.

“Berhentilah menjadi katak dalam tempurung, hebat di SMK kita saja. Mulai sekarang berhentilah untuk menjadi orang yang biasa-biasa saja, mulai sekarang bertekadlah untuk menjadi orang yang luar biasa. Dan ajang ini bisa menjadi pintu masuk untuk menuju zona luar biasa itu,” pesan Amsakar kepada para peserta lomba. (she)

Respon Anda?

komentar