Setelah Lion Air, Giliran AirAsia Salah Turunkan Penumpang

755
Pesona Indonesia
Pesawat AirAsia. Foto: istimewa/aviationwa.org.au
Pesawat AirAsia. Foto: istimewa/aviationwa.org.au

batampos.co.id – Kasus menurunkan penumpang internasional ke kedatangan domsetik kembali terjadi. Kali ini menimpa maskapai penerbangan AirAsia saat mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Radarbali.jawapos.com (grup batampos.co.id) melaporkan, insiden terjadi kala pesawat AirAsia QZ509 yang membawa 155 penumpang rute Singapura–Denpasar landing pukul 23.54 Wita, Senin (16/5/2016) lalu.

Hampir bersamaan, dua penerbangan lainnya tiba. Yakni, AirAsia X dengan kode penerbangan XT555 dari Kualalumpur mendarat pukul 23.55 Wita. Satu lagi penerbangan AirAsia QZ537 dari Perth mendarat pukul 00.04 Wita, Selasa (17/5/2016) dini hari.

Baca Juga: Kapolri: Ada Terduga Teroris Jadi Penumpang Lion yang Tak Melalui Imigrasi

Nah, pada saat menangani penumpang QZ509, terjadi kesalahpahaman komunikasi antara supir bus pertama dengan petugas flight controller. Akibatnya, sebanyak 47 orang penumpang penerbangan internasional pada bus tersebut diarahkan ke terminal kedatangan domestik.

Setelah dapat informasi, petugas darat AirAsia Indonesia dibantu tim Aviation Security segera mengarahkan penumpang kembali ke bus untuk diantarkan ke terminal kedatangan internasional.

Investigasi pun dilakukan dengan melibatkan banyak pihak, Selasa (17/5/2016) pagi.

Hasil rekaman CCTV menunjukkan, dari 47 orang penumpang yang sempat turun dari bus, terdapat 46 orang penumpang yang kembali masuk ke dalam bus yang sama.

Sementara ada satu orang penumpang QZ509 yang lolos atau tidak kembali ke dalam bus. Penumpang itu keluar bandara melalui pintu terminal kedatangan domestik.

“Penumpang itu diketahui berkewarganegaraan Selandia Baru yang kebetulan memegang multiple entries visa untuk masuk ke Indonesia,” ujar sumber di Bandara Ngurah Rai. (mus/fab/JPG)

Respon Anda?

komentar