Mentri Susi Ingin BMKT Vasco da Gama Diangkat dari Perairan Lingga

2356
Pesona Indonesia
Nurdin Basirun menemui Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, Selasa (16/5) di Jakarta. foto:humas pemprov
Nurdin Basirun menemui Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, Selasa (16/5) di Jakarta. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti semakin fokus dengan pengangkatan Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di perairan Indonesia. Termasuk pengangkatan kapal bersejarah Vasco da Gama, BMKT yang diduga kini masih tersimpan di perairan Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Seperti dilansir, detik.com Mentri Susi ingin memamerkan harta karun yang berhasil diangkat di Indonesia untuk dipajang di kantor KKP.

“Kita mau bikin display di KKP, biar bisa dipamerkan dan masyarakat kita bisa lihat,” ungkap Susi, Senin (16/5) di Jakarta.

Selama ini, pengangkatan BMKT di Indonesia terang Susi, diangkut oleh pihak swasta dengan perjanjian bagi hasil 50:50. Selalunya, barang-barang bagus diambil oleh pihak swasta dan sisanya baru diberikan kepada pemerintah. Selain itu, barang berharga harta karun laut di Indonesia itu juga oleh perusahan dilelang di luar negri dengan harga yang fantastis. Sehingga barang-barang yang harusnya menjadi aset sejarah di Indonesia inipun menjadi koleksi para kolektor.

KKP sendiri terang Susi, kini berupaya menghindari pengangkatan BMKT oleh pihak swasta. Sejak tahun lalu telah dibuat moraturium. Susi ingin, harta karun tersebut yang tersebar sedikitnya ada 400 titik kapal karam diangkut oleh pemerintah agar tidak jatuh kepihak lain.

“Sudah lebih dari setengahnya kita angkut. Saya inginkan angkut sendiri saja. Kita anggarkan, minta itu pasukan tentara untuk menyelam. Hasilnya bisa buat kita sendiri,” ujarnya seperti dilansir detik.com.

“Saat ini yang saya kejar itu yanga Vasco de Gama. Itu yang paling besar. Saya kira ada di Pulau Lingga, di Tanjung Karimun,” kata Susi

Sementara itu, di Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu Panitia Nasional BMKT, memberikan rekomendasi izin kepada PT Cosmix Asia untuk melakukan pengangkatan BMKT di perairan sebelah barat pulau Lingga. Tepatnya di perairan Desa Batu Belubang, Kecamatan Senayang, Lingga, Kepri.

Informasi yang berhasil diperoleh Batam Pos, terdapat dua titik pengangkatan BMKT. Jaraknya hanya 5 dan 8 mil laut dari pemukiman kampung nelayan. Menurut informasi warga, dalam proses pengangkatan tahun 2015 lalu, tak kurang dari 10.000 piring dan barang pecah belah lainnya dari Dinasti Song, abad ke-11 berhasil di angkat. Dari dua buah kapal Cina yang membawa mangkok, piring dan guci. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar