Nurdin Temui Menteri Susi agar Industri Perikanan Kepri Mendapat Perhatian

920
Pesona Indonesia
Nurdin Basirun menemui Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, Selasa (16/5) di Jakarta. foto:humas pemprov
Nurdin Basirun menemui Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, Selasa (16/5) di Jakarta. foto:humas pemprov

batampos.co.id – Pelaksana Tugas Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, menemui Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, Selasa (16/5) di Jakarta. Kedatangan Nurdin ke Jakarta adalah mengharapkan perhatian Pemerintah Pusat untuk kemajuan industri perikanan di Provinsi Kepri.

Dihadapan Menteri Susi Pudjiastuti, Nurdin mengutarakan harapannya yang menginginkan industri perikanan di Negeri Segantang Lada ini berkembang lebih baik. Baik untuk perikanan tangkap, perikanan budidaya maupun usaha pengolahan perikanan. Sebagai daerah dengan luas laut mencapai 96 persen, majunya industri perikanan di Kepri harus diraih secepat mungkin.

Menurut Nurdin, dalam perbincangan singkat itu, Menteri Susi menyambut baik dan mendukung keinginan Kepri untuk semakin memajukan isndustri perikanan.”Menterian Kelautan dan Perikanan memang menunjukkan keinginan agar di Kepri, terutama Natuna dibangun menjadi sentra perikanan,” ujar Nurdin.

Dikatannya juga, tahun 2015, misalnya Kementerian mengucurkan dana sebesar Rp 50 miliar untuk pembangunan di Selat Lampa, Natuna. Sedangkan tahun ini, ada Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 8 miliar bagi penyempurnaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dan fasilitas pelabuhan seperti Mandi Cuci Kakus (MCK).

Dalam pendapat Nurdin, Selat Lampa memang menjadi salah satu titik industrialisasi perikanan di Kepri. Dalam program pengembangan perikanan, kata Nurdin, juga disejalankan dengan pusat dan disinergikan dengan daerah tingkat dua. Selain mengembangkan industri, Kepri juga terus meningkatkan pengawasan terhadap perkembangan industri perikanan.

“Kita juga tetap menjaga konservasi. Yang jelas, perhatian khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, terhadap pengembangan di Kepri tetap kita harapkan continue,” harap Nurdin. Bagi Nurdin, laut Kepri yang luas adalah jalan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepri kedepannya.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar