Pemko Janji Jadikan Batam Seperti Bandung

1069
Pesona Indonesia
Taman Balai Kota Bandung yang tertata apik. Foto: istimewa/thetravelearn.com
Taman Balai Kota Bandung yang tertata apik. Batam ingin meniru Bandung yang kini lebih tertata. Foto: istimewa/thetravelearn.com

batampos.co.id – Pemko Batam kagum dengan tata kelola Bandung. Karena itu, seluruh camat di Batam diajak ke Bandung agar bisa belajar bagaimana tata kelola supaya Batam kelak terlihat menarik.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad mengatakan tujuan kedatangannya bersama rombongan camat ke bandung untuk mengetahui gambaran Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK). Bandung selama ini sukses dalam PIK sehingga terlihat sangat menarik.

“Dari kunjungan itu, kita belajar tata kelola. Camat sebagai pengguna anggaran diberi pelatihan dan sertifikasi agar mempersiapkan diri untuk Batam,” kata Amsakar.

Dikatakannya, daerah Bandung bisa sedemikian menarik karena diurus oleh setiap RW, bukan kelurahan. Pemko Bandung menyiapkan anggaran PIK Rp 100 juta per/RW. Sementara daerah Batam diurus oleh masing-masing kelurahan. Dana untuk setiap keluarahan Rp 1 Miliar.

“Kalau mereka per RW Rp 100 juta. Kita per kelurahan Rp 1 miliar dan itu jelas beda,” jelas Amsakar.

Menurut dia, anggarannya akan dimasukan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah (RPJM) Daerah 2016-2021. Sehingga janji Wali Kota Batam yang akan menata kota Batam lebih baik lagi dapat terlaksana.

“Pokoknya kita ingin Batam ini jadi kota modern, rapi dan tertata serta terkelola dengan baik,” pungkas Amsakar. (she)

Respon Anda?

komentar