Pemko Tanjungpinang Tertibkan Tower Tak Berizin

774
Pesona Indonesia
AKTIVITAS penertiban tower telekomunikasi yang tidak mengantongi IMB, Selasa (17/5). foto:lara/batampos
AKTIVITAS penertiban tower telekomunikasi yang tidak mengantongi IMB, Selasa (17/5). foto:lara/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang mulai menertibkan tower-tower telekomunikasi yang tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Selasa (17/5).
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Tanjungpinang mengawal pihak salah satu perusahaan telekomunikasi yang tengah membongkar tower telekomunikasi di Jalan Hanjoyo Putro Batu Sembilan.

”Tower ini tidak berizin, dan warga mengkhawatirkan tower itu, karena membahayakan. Jadi berdasarkan keputusan Muspida, maka disepakati dibongkar,” ujar Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satpol PP Kota Tanjungpinang, Yudi Kurniawan, Selasa (17/5). Dikatakannya, tower tersebut telah disegel sejak Desember 2015 lalu.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tanjungpinang, Wan Samsi mengatakan, pembongkaran tower sebagai upaya penegakkan aturan. ”Tower yang bermasalah tentu harus ditertibkan,” ujar Wan Samsi. Tujuannya, supaya ada efek jera. Sehingga, ke depannya tidak ada lagi permasalahan tower telekomunikasi tidak berizin.

Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Amanto menambahkan, jumlah tower telekomunikasi yang terdata sebanyak 118 unit. Dari jumlah tersebut, 56 tower telah memiliki izin. Sementara 62 tower lainnya belum berizin. ”Dan dari 118 tower itu, kami telah mengeluarkan rekom ketinggian tower sebanyak 91 tower,” ujarnya.

Sementara Kasi Pengawasan Bangunan Dinas Tata Kota dan Pengawasan Bangunan, Edi Rivana mengatakan, sesuai prosedur, penertiban akan dilaksanakan bagi tower yang menyalahi aturan dan tidak memiliki IMB.

Tapi, jika tower yang bisa diurus izinnya, pihaknya meminta perusahaan telekomunikasi tersebut untuk segera mengurusnya. ”Tapi kalau tower yang menyalahi peruntukan, seperti dibangun di atas lahan yang tidak sesuai untuk dibangun tower, maka tower tersebut akan dibongkar,” ujarnya. (lra/bpos)

Respon Anda?

komentar