ADD dan DD Belum Cair, Perangkat Desa se-Lingga Belum Gajian

1171
Pesona Indonesia
ilustrasi dana desa Foto: istimewa
ilustrasi dana desa Foto: istimewa

batampos.co.id – Seluruh perangkat desa se-Kabupaten Lingga belum juga gajian hingga pertengahan Mei ini. Hal ini dikarenakan belum cairnya dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Tak hanya Kades, sejumlah perangkat desa lainnya seperti RT dan RW juga belum gajian hingg Rabu (18/5).

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi I DPRD Lingga, Alexander Weling mendesak instansi terkait agar memperhatikan hak perangkat desa yang belum dibayar.

“Kita desak instansi terkait untuk segera mencairkan ADD maupun DD. Ini menyangkut hak perangkat desa yang telah bekerja,” ujar Alexander.

Perangkat desa, kata Alex, sangat berperan melayani keperluan masyarakat di tingkat desa. Namun terkait haknya yang belum dibayarkan, Alex meminta instansi terkait, yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) segera mencairkan dana ADD dan DD.

“Saya akan cek persoalan ini ke Kepala BPMPD. Apa persoalannya, sehingga memasuki pertengahan Mei ini, ADD dan DD belum juga dicairkan. Apa kendalanya,” tanya Alex.

Hal ini sangat disayangkan Alex. Sebab sampai bulan Mei, desa belum dapat melakukan kegiatan lantaran ADD dan DD belum keluar.

Sementara itu, Kabid Anggaran DPPKAD Lingga, Agustiar mengatakan, pihaknya tinggal menunggu seluruh berkas yang disiapkan untuk pencairan dana ADD dan DD yang prosesnya melalui BPMPD.

” Konfirmasi aja ke BPMPD. Pak Said Rudi Fallo. Kita di DPPKAD, kalau berkas sudah masuk semua baru bisa dicairkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPMPD Lingga Said Rudi Fallo, ketika hendak ditemui tidak berada di ruang kerjanya. Staf BPMPD mengatakan, Said Rudi sedang melaksanakan dinas luar. Ketika dihubungi ke nomor teleponnya maupun melalui pesan singkat, Rudi Fallo tidak menjawab ataupun membalas. Sampai berita ini di tulis, BPMPD belum memberikan keterangan terkait belum cairnya dana ADD dan DD desa se Kabupaten Lingga hingga pertengan Mei. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar