Bank Nagari Gelontorkan Triliunan Rupiah untuk Pariwisata Sumbar, Bakal Buka Cabang di Batam

2021
Pesona Indonesia
Ketua Forum Pemred Riau Pos Grup Muhammad Nazir Fahmi menyerahkan cinderamata kepada Pjs Direktur Bank Nagari, Syafrizal J (baju putih lengan panjang) pada acara Forum Pemred III Riau Pos Group (RPG) di Hotel Grand Inna Muara, Jumat (14/5/2016). Foto: RPG
Ketua Forum Pemred Riau Pos Grup Muhammad Nazir Fahmi menyerahkan cinderamata kepada Pjs Direktur Bank Nagari, Syafrizal J (baju putih lengan panjang) pada acara Forum Pemred III Riau Pos Group (RPG) di Hotel Grand Inna Muara, Jumat (14/5/2016). Foto: RPG

batampos.co.id –  Bank Nagari selaku bank daerah di Sumatera barat kini memainkan porsi lebih. Mereka siap menggelontorkan dana untuk usaha sektor Pariwisata di Sumbar dsan berencana ekspansi ke Batam.

“Bukan kali ini saja, Bank Nagari secara konsisten menyalurkan kredit sektor kepariwisataan di Sumbar dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Pjs Direktur Bank Nagari, Syafrizal J pada acara Forum Pemred III Riau Pos Group (RPG) di Hotel Grand Inna Muara, Jumat (14/5/2016).

Syafrizal merinci tahun 2013, porsi kredit untuk kegiatan kepariwisataan adalah 1, 49 persen dari total kredit Rp 12,21 triliun. Sedangkan tahun 2015, 1,5 persen dari Rp 14, 5 triliun.

Menurut Syafrizal, komposisi penyaluran kredit Bank Nagari untuk sektor pariwisata tahun 2015 didominasi hotel berbintang dengan nominal penyaluran sebesar Rp 168 miliar, diikuti restoran Rp 22,5 miliar, hotel melati Rp 15,6 miliar.

“Bank Nagari berkomitmen untuk terus meningkatkan penyaluran kredit  kepada sektor pariwisata dengan proyeksi pertumbuhan 12, 85 persen tahun 2016,” papar Syafrizal J.

Dari sisi produk, menurutnya, Bank Nagari berperan melayani wisatawan dalam bentuk lalu lintas transaksi keuangan antar-negara dengan produk Westren Union, dan pertukaran uang asing dengan menyediakan money changer pada beberapa jaringan bank.

Selain melalui produk keuangan, Bank Nagari juga mendukung pariwisata melalui penyaluran corporate social resposibility (CSR). Di mana, sebagiannya konsisten diserahkan pada bidang kepariwisataan. Di antaranya, mensponsori tim kesenian Sumbar untuk tampil dan mempromosikan pariwisata Sumbar di luar negeri, mensponsori kerajinan untuk pameran di berbagai daerah dan luar negeri. Termasuk, mendukung kegiatan wisata, seperti pacu jawi, Tour de Singkarak, dragon boat, pemilihan duta wisata dan berbagai kegiatan wisata lainnya.

“Bank Nagari juga sering mengadakan acara tingkat nasional di Sumbar mendatangkan peserta dari BPD-BPD lainnya di Indonesia,” ulas Syafrizal.

Mendengar paparan Syafrizal, para Pemred RPG menilai, ke depan Bank Nagari bisa memberikan kontribusi lebih untuk kemajuan pariwisata Sumbar. Salah satunya terus mengembangkan pasar atau ekspansi ke luar Sumbar. Selanjutnya, Bank Nagari bisa membantu promosi pariwisata Sumbar di daerah tempat berdirinya Bank Nagari.

Seperti disampaikan Pemred Pekanbaru MX, Hendri. Menurutnya, selama ini Bank Nagari memang sudah memiliki kantor cabang di Pekanbaru, namun belum terasa geliatnya. Artinya, masyarakat Minang yang di Pekanbaru belum merasakan betul kehadiran Bank Nagari.

Menurut Hendri, ke depan Bank Nagari harus bisa meningkatkan rasa kedaerahan masyarakat Minang di perantauan. Misalnya, melakukan bazar menghadirkan masyarakat Minang di Pekanbaru.

“Selanjutnya, mereka diajak menjadi nasabah Bank Nagari dan beri tawaran, jika menabung di Bank Nagari akan mendapatkan tawaran voucher belanja saat berlibur ke Sumbar,” jelas Hendri.

Syafrizal menyambut baik usul tersebut. Menurutnya, ke depan hal ini akan ditindaklanjuti. “Bisa saja nanti nasabah Bank Nagari di luar provinsi yang ingin datang ke Sumbar dapat voucher untuk menikmati kuliner Minang, songket, atau tawaran menarik lainnya,” jelasnya.

Soal rencana membuka kantor cabang di beberapa daerah lainnya, termasuk Kepri, khususnya Batam, Syafrizal tak menafikan. Namun pihaknya masih mempelajari potensinya dan regulasi yang ada.

Saat ini Bank Nagari sudah punya cabang di Jakarta, Bandung, dan Pekanbaru. (Hijrah Adi Sukrial—Padang )

Respon Anda?

komentar