Ingin Seluruh Warga Batam Miliki e-KTP, Disdukcapil Terapkan Sistem Jemput Bola

1874
Pesona Indonesia
Cristin, merekam e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan Sekupang. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Cristin saat merekam e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan Sekupang. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan Kota Batam akan menggelar perekaman e-KTP secara keliling. Hal ini dilakukan karena masih banyak warga yang belum memiliki e-KTP.

“Masih ada sekitar Rp 35 ribu penduduk kita yang belum punya,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Mardanis, Selasa (18/5).

Penduduk yang belum memiliki e-KTP disebabkan karena masih memiliki KTP siak dan masih aktif, meskipun pemerintah telah menonaktifkan KTP siak pada awal 2016 lalu. “Karena masih aktif, jadi mereka belum mau merekam, padahal itu sudah tidak berlaku lagi,” jelasnya.

Perekaman keliling nanti, Disdukcapil menyiapkan dua mobil yang dilengkapi dengan alat perekaman. “Nanti kita coba di Kecamatan Sagulung, Batuaji karena penduduk paling banyak disitu,” ujar mantan Camat Sekupang ini.

Sesuai dengan arahan dari Kementerian, Kepala Dinas diminta untuk jemput bola, tidak hanya menunggu. Berdasarkan Data dari Dinas Kependudukan saat ini jumlah penduduk Batam mencapai 1.388.000 jiwa. 750 ribu jiwa diantaranya merupakan wajib e-KTP.

“Sudah hampir 90 persen. Jadi diimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan perekaman e-KTP. Kita harapkan untuk semua usia 17 tahun keatas sudah bisa memiliki e-KTP tahun ini,” sebut pria berkacamata ini. (cr17)

Respon Anda?

komentar