Ladies, Kurangi Resiko Hipertensi Pasca Kehamilan Dengan Cara Ini

599
Pesona Indonesia
ilustrasi ibu hamil. foto:net
ilustrasi ibu hamil. foto:net

batampos.co.id – Diabetes gestasional yang banyak diderita wanita selama masa kehamilan bisa mengakibatkan risiko seorang wanita terkena tekanan darah tinggi.

Namun demikian, Anda tak perlu panik. Untuk meminimalisir hal itu, diet sehat bisa membawa risiko tersebut kembali turun.

Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan daging merah terkait dengan risiko lebih rendah untuk diabetes gestational dan juga risiko lebih rendah untuk diabetes tipe 2 dan tekanan darah tingg. Demikian menurut peneliti senior, Dr. Cuilin Zhang, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (17/5).

Diabetes Gestational yang sering tidak memiliki gejala memengaruhi sekitar 200 ribu wanita AS setiap tahun. Pada 1989-2011, para peneliti meneliti hampir 4 ribu wanita di Nurses Health Study II dengan riwayat diabetes gestasional.

18 tahun kemudian, sebanyak 1.069 perempuan terkena tekanan darah tinggi. Sementara, wanita dengan diet sehat sekitar 25 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang tidak menjalani diet sehat.

“Serat dari biji-bijian dan kacang-kacangan bisa membantu memperbaiki cara tubuh memproses gula dan menangani peradangan,” kata Zhang.

Sebab, buah-buahan dan sayuran mengandung kalium yang tinggi dan vitamin K, asam askorbat dan antioksidan yang bisa membantu kinerja jantung dan pembuluh darah.

Diet sehat juga membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi untuk semua orang, bukan hanya wanita yang pernah menderita diabetes gestational.

“Diet sehat yang ditemukan dalam penelitian ini menekankan nutrisi yang tinggi kalium dan rendah sodium, yang keduanya bisa membantu menurunkan tekanan darah,” kata Dr Cheryl Bushnell dari Wake Forest School of Medicine di Winston Salem, North Carolina.

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko tunggal yang bisa menjalar ke stroke, sehingga sangat dianjurkan untuk menjalankan diet sehat.

Kondisi utama lainnya yang terkait dengan tekanan darah tinggi termasuk penyakit jantung, gagal jantung dan penyakit ginjal kronis, yang semuanya memperpendek harapan hidup. (jpnn)

Respon Anda?

komentar