Mantap! TNI Bakal Bangun Denzipur di Seluma Bengkulu

1441
Pesona Indonesia
Komandan Korem 041 Garuda Emas Kolonel Inf Andi Muhammad (tengah) siang kemarin mengunjungi lahan akan dibangun Detasemen Zeni Tempur (Denzipur), di latpur Desa Talang Sali Kecamatan Seluma Timur. Foto: Jefryy/Bengkulu Ekspress/jpg
Komandan Korem 041 Garuda Emas Kolonel Inf Andi Muhammad (tengah) siang kemarin mengunjungi lahan akan dibangun Detasemen Zeni Tempur (Denzipur), di latpur Desa Talang Sali Kecamatan Seluma Timur. Foto: Jefryy/Bengkulu Ekspress/jpg

batampos.co.id – Komandan Korem 041 Garuda Emas Kolonel Inf Andi Muhammad meninjau lahan latihan tempur (Latpur) milik TNI AD di Desa Talang Sali Kecamatan Seluma Timur, Seluma timur, Bengkulu, Rabu (18/5) siang.

Mabes TNI berencana membangun  Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) dilahan seluas 100 hektar tersebut. Bahkan, mabes sudah memerihtahkan untuk melakukan pematangan lahan.

Danrem 041 Gamas Kol Inf Andi Muhammad mengatakan, saat ini ada dua alternatif lokasi yang akan dibangun markas Denzipur, yakni di Kabupaten Seluma serta di Kabupaten Rejang Lebong.

Untuk Kabupaten Rejang Lebong juga sudah ada hibah lahan seluas 40 hektar dari Pemkab Rejang Lebong.

“Saya bersama dengan tim dari Kodam II Sriwijaya siang ini melakukan pemeriksaan tahap awal. Ini baru tim pemula saja. Untuk membandingkan lokasi yang ada di Seluma dengan di Kabupaten Rejang Lebong,” tegas Danrem.

Menurutnya, jika lokasi latpur TNI di Desa Talang Sali nantinya jadi dibangun Denzipur, maka akan ditempatkan sebanyak 400 orang personel Denzipur. Hanya saja untuk wilayah di Kabupaten Seluma, saat ini lahannya masih perbukitan. Belum lagi jalan masuk ke lokasi sekitar 30 meter masih berlumpur dan sulit dijangkau kendaraan biasa.

“Kami melaporkan kondisi yang ada saat ini di lahan TNI di Kabupaten Seluma. Kemudian akan kami sampaikan ke Mabes TNI. Untuk masalah penetapannya adalah Mabes TNI. Apakah akan dibangun di Kabupaten Seluma atau Rejang Lebong,” tegas Andi.

Danrem menegaskan, TNI mengharapkan bantuan sepenuhnya dari Pemkab Seluma untuk masalah pematangan lahan. Termasuk untuk perbaikan jalan menuju lokasi latpur TNI di Desa Talang Sali Seluma Timur. Karena jika Mabes TNI setuju dibangun di Kabupaten Seluma, maka sebanyak 400 personel TNI nantinya bisa diberdayakan membangun kegiatan daerah. Anggota Zipur dilengkapi dengan kemampuan untuk membangun sarana infrastruktur.

“Anggota nantinya bisa membantu daerah, mereka bisa diberdayakan untuk membantu kegiatan pembangunan di Kabupaten Seluma ini,” singkat Dandrem. (jpg)

Respon Anda?

komentar