Mencuri Ratusan Juta Rupiah, Oknum Polisi Hanya Dihukum 5 Bulan

1375
Pesona Indonesia

maling

batampos.co.id – Seorang anggota Polres Kediri, Bripka Benny Dermawan, yang terbukti mencuri uang sebanyak Rp 503 juta hanya dijatuhi hukuman lima bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kediri.

Vonis tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa yaitu tujuh bulan penjara.

Majelis hakim yang diketuai Erwin Djong menjelaskan Benny terbukti telah mencuri uang tunai Rp 503 juta di ruang keuangan Mapolres Kediri. Atas tindakannya itu, anggota Sabhara Polres Kediri tersebut dijerat dengan pasal 303 KUHP ayat 1 ke-3 dan ke-5 tentang pencurian.

’’Terdakwa terbukti bersalah telah melakukan pencurian,’’ kata Erwin.

Saat dikonfirmasi terkait rendahnya putusan, Erwin menerangkan bahwa uang yang dicuri Benny telah dikembalikan. Hal itu menjadi pertimbangan hakim dalam meringankan hukuman terdakwa. Pertimbangan lainnya, Benny merupakan tulang punggung keluarganya.

’’Hal tersebut menjadi pertimbangan kami,’’ ungkapnya.

Putusan itu tampaknya kurang adil. Sebab, dalam kasus pencurian lain, ada terdakwa yang diputus jauh lebih tinggi daripada Benny.

Salah satu contohnya putusan yang dijatuhkan kepada warga sipil atas terdakwa Andika Utoyo, warga Kelurahan Sukun, Kota Malang, pada 23 Maret lalu. Dia divonis hakim PN Kabupaten Kediri dengan hukuman 2 tahun 5 bulan penjara. Andika saat itu hanya mencuri 2 tas, 2 HP, 1 notebook, dan uang Rp 4 juta. (jpnn)

Respon Anda?

komentar