Miris… Ada Guru Honorer yang Digaji Rp 75 Ribu per Bulan

876
Pesona Indonesia
ilustrasi honorer
ilustrasi honorer

batampos.co.id – 20 orang guru dari Forum Guru Honorer Swasta mendatangi DPRD Kota Banjarmasin untuk mengadukan nasib mereka, Rabu (18/5).

Tuntutan mereka adalah agar status mereka disetarakan dengan guru honorer daerah agar bisa menerima insentif yang sama dari APBD.

Mereka diterima oleh Komisi IV DPRD. Selain anggota dewan, juga hadir perwakilan dari PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dan Dinas Pendidikan. Curhatan guru-guru tersebut berlangsung hingga dua jam.

Ketua Forum Guru Honorer Swasta, HM Ripani, menyebutkan bahwa di Banjarmasin ada sebanyak 2.376 guru honorer swasta. Hampir setengahnya mengajar di TK dan PAUD milik yayasan swasta.

“Mereka digaji antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. Bahkan ada yang Rp 75 ribu saja per bulan. Cukup apa uang segitu,” ujarnya seperti dikutip Radar Banjarmasin.

Selain menuntut penyetaraan status dengan guru honorer daerah yang menerima insentif dari APBD, mereka juga menuntut agar dua ribu nama guru itu masuk database Disdik supaya bisa menjadi prioritas saat pembukaan lowongan CPNS.

“Masa hati pemko tidak terketuk mendengar honor segitu,” ujar Ripani. (jpnn)

Respon Anda?

komentar