218 Rumah di Pulau Jaluh Akan Dialiri Listrik

457
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMP-KUKM) Kota Batam, Pebrialin. Foto: Johannes Saragih/ Batam Pos
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMP-KUKM) Kota Batam, Pebrialin. Foto: Johannes Saragih/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 218 unit rumah di Pulau Jaluh, Kecamatan Galang akan dialiri listrik yang berasal dari pembangkit listrik tenaga surya atau Solar Home System (SHS), hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMP-KUKM) Kota Batam, Pebrialin, Kamis (19/5).

Pihaknya telah mengajukan anggaran sebesar 1,9 miliar dalam pembangunan SHS, termasuk pembangunan genset di Kelurahan Bulang Lintang, Kecamatan Bulang.

Program SHS telah dimulai sejak 2011 lalu ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk menikmati listrik dan memanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari. “Siang mereka sudah bisa cas HP dan hidupkan kipas angin,” kata Pebrialin.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMP-KUKM Kota Batam, Riyanis Aminah mengatakan berdasarkan data dari Dinas PMP-KUKM dari tahun 2011 hingga 2015 sudah ada 1.903 rumah yang menikmati SHS, diantaranya 1.108 di Kecamatan Bulang, 330 di Belakangpadang, 272 di Sagulung, 124 di Seibeduk, dan daerah hinterland lainnya.

Meskipun begitu, sambungnya pemerintah terus berupaya memberikan layanan kepada masyarakat hinterland untuk bisa menikmati aliran listrik. Pihaknya juga memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat mengenai perawatan SHS.

Hingga saat ini masih ada sekitar 2 ribu masyarakat yang belum bisa menikmati aliran listrik atau SHS ini. “Kita harapkan program ini terus berjalan,” katanya lagi. (cr17)

Respon Anda?

komentar