Cegah Siswa Nyontek Saat Ujian, Irak Matikan Akses Internet

430
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Sebuah upaya tak biasa demi dilakukan pemerintah Irak demi menanamkan perilaku jujur bagi pelajar mereka.

Menjelang ujian nasional di negeri tersebut, pemerintah melalui Menteri Komunikasi membuat kebijakan untuk mematikan seluruh akses internet selama tiga hari.

Kebijakan ini sebenarnya mengulang kebijakan yang sama seperti tahun lalu. Tujuannya agar tidak ada aksi jual beli soal, membuka internet di ruang ujian, guru membantu murid melalui media sosial, hingga tukar menukar jawaban di antara siswa.

Layanan internet akan dimatikan dari pukul 05.00 hingga 08.00 pada Sabtu, Minggu, dan Senin waktu setempat.

Beberapa kelompok pengguna internet mengatakan, kebijakan pemerintah Irak ini dinilai sangat berlebihan, meski tujuannya sangat baik. Karena dampaknya dirasakan pada seluruh pengguna jasa internet, termasuk kalangan pebisnis.

Sebelum kebijakan mematikan akses internet di masa ujian nasional, salah satu penyedia jasa layanan internet (ISP) yang berbasis di Irak, EarthLink, telah mengumumkan bahwa mereka memblokir akses ke Facebook.

”Mandat dari Kementerian Telekomunikasi, internet di seluruh Irak dimatikan selama periode ujian. Termasuk pada seluruh perusahaan di seluruh provinsi,” ungkap pihak Earthlink. (jpg)

Respon Anda?

komentar