Pemuda Karimun Mendapatkan Pelatihan Jaringan Listrik

1306
Pesona Indonesia
Para pemuda Karimun dilatih membuat  jaringan listrik rumah tangga. foto:sandi/batampos
Para pemuda Karimun dilatih membuat jaringan listrik rumah tangga. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Belasan pemuda dari berbagai kelurahan di Tanjungbalai Karimun mendapatkan pelatihan listrik yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepri. Pelatihan ini diberikan untuk para pemuda yang mengetahui listrik, namun belum mengetahui dengan jelas bagaimana membuat jaringan listrik.

”Kita tahu, bahwa listrik merupakan salah satu kebutuhan yang utama saat ini. Dan, tentunya harus ada tenaga listrik yang memiliki kemampuan untuk memasang instalasi listrik. Untuk itu, kita memberikan pelatihan kepada 15 orang pemuda yang sedang mencari kerja di bidang kelistrikan. Khususnya kemampuan dalam membuat dan memasang jaringan instalasi listrik di rumah tangga,” ujar Syuzarlis dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepri.

Dikatakannya, pelaksanaan pelatihan ini selama satu bulan. Pelatihan yang diterapkan dengan pola berbasis kompetensi di Gedung Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Tanjung Balai Karimun. Dengan waktu yang cukup lama, ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan benar-benar untuk mendapatkan tenaga pemasang listrik yang nantinya memiliki kemampuan dan siap pakai. Artinya, bukan untuk hanya untuk mengisi waktu luang.

”Pelatihan di bidang kelistrikan tidak hanya sampai di sini saja, melainkan akan ada pelatihan lanjutan. Bahkan, kita menjamin peserta yang telah mengikuti pelatihan ini sampai selesai dapat mengikuti kompetensi di bidang keahlian listrik tingkat dasar. Dan, seterusnya sampai dengan pelatihan menengah serta ahli kelistrikan. Apalagi, instruktur yang memberikan pelatihan berasal dari orang yang sudah ahli ahli dibidang listrik,” jelasnya.

Selain itu, katanya, tenaga pelatih sehari-hari bekerja di bidang kelistrikan. Untuk diketahui, peserta yang mengikuti pelatiihan ini bukan bekerja atau berasal dari biro jasa instalasi listrik yang ada di Kabupaten Karimun. Tetapi, peserta benar-benar yang belum pernah mendapatkan pelatihan listrik. Tentunya dia berharap setelah ini kemampuan yang dimiliki peserta bisa berguna untuk melamar di perusahaan. Pihaknya juga akan mengadakan pelatihan di Pulau Kundur. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar