Perpanjangan Tugas Kapolri Belum Dibahas

419
Pesona Indonesia
Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti. Foto: dokumen JPNN
Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti.
Foto: dokumen JPNN

batampos.co.id – Rencana memperpanjang masa jabatan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti masih belum jelas. Hingga Kamis (19/5/2016), belum ada informasi resmi terkait rencana tersebut. Padahal, masa pensiun kapolri tinggal dua bulan berjalan, tepatnya akhir Juli mendatang.

Mestinya, sudah ada langkah nyata dari pemerintah menyikapi akhir jabatan kapolri. Setidaknya, dengan cara membuat kajian yang pas bila ingin memperpanjang masa jabatan Badrodin. Atau, langkah lain, mulai memetakan siapa saja perwira tinggi (pati) polisi yang layak menjadi orang nomor satu di kepolisian tersebut.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sejatinya bisa memberikan pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo terkait akhir masa jabatan kapolri. Namun, sejauh ini, kompolnas belum mau bersuara terkait arah perpanjangan atau sinyal pengganti Badrodin.

”Pembahasan calon kapolri masih akan dibahas dengan ketua (kompolnas) dulu (Luhut Binsar Pandjaitan, Red),” kata Anggota Kompolnas Irjen (Purn) Yotje Mende, Kamis (19/5/2016).

Pemberian pertimbangan itu diatur dalam UU Nomor 2/2002 tentang Kepolisian. Kompolnas berwenang mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan rekomendasi tersebut.

”Kami akan konsolidasi dulu (dengan anggota kompolnas lainnya, Red),” kilah mantan Kapolda Papua ini usai bertemu dengan anggota kompolnas lama di kantornya.

Menurut Mende, pihaknya tengah fokus menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) peninggalan kompolnas yang lama. Mende dan delapan anggota kompolnas lainnya baru dilantik presiden satu pekan lalu.

”Makanya itu kami pelajari dulu dari komisioner yang lama, kemudian kami akan pilih mana yang prioritas,” ujarnya.

Terpisah, mantan Anggota Kompolnas Edi Saputra Hasibuan mengingatkan kepada kompolnas yang baru agar benar-benar selektif dalam memberikan pertimbangan terkait jabatan kapolri. Menurutnya, kompolnas yang lama memang tidak memberikan rekomendasi apapun terkait jabatan kapolri.

”Kami hanya menyarankan agar SDM (sumber daya manusia) polisi ditingkatkan,” tuturnya.
Mantan Anggota Kompolnas lain M. Nasser juga tak banyak bicara soal polemik perpanjangan masa jabatan kapolri. Dia menyerahkan masalah itu kepada kompolnas yang baru.

”Kan sudah ada yang baru, kami serahkan saja (ke kompolnas baru),” tandasnya. (tyo/jpgrup)

Respon Anda?

komentar