Roro Penarik-Jagoh Mulai Beroperasi 28 Mei

2686
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Rencana Pemkab Lingga segera dapat mengoperasikan penyeberangan roll on roll off (Roro) dari Penarik tujuan Jagoh disambut hangat Kementerian Perhubungan RI. Hal tersebut mendapat lampu hijau setelah Bupati Lingga Alias Wello memaparkan langsung pentingnya akses tol laut ini kepada Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar di Jakarta, Rabu (18/5) lalu.

Kasubdit Pelabuhan Penyeberangan, Johnny Siagian mengatakan, setelah Kemenhub RI mendengar pemaparan langsung dari Awe, Kemenhub menyetujui pengoprasian kapal Roro dari Pelabuhan Penarik (Pulau Lingga) – Jagoh (Pulau Singkep).

“Kalau tidak ada halangan, peresmian pengoprasian kapal Roro dari Penarik-Jagoh akan dilakukan langsung oleh Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar pada 28 Mei 2016,” ungkap Johnny.

Pada prinsipnya terang Johnny, Kemenhub sudah siap menyediakan kapal Roro. Bahkan, Kemenhub sendiri terangnya kini juga menghitung kelayakan operasional kapal roro Penarik-Jagoh-Kual Tungkal (Jambi), Jagoh- Penarik-Batam. Dan juga Jagoh- Penarik dan Tanjungpinang.

“Masukan dari pak Bupati ini akan kita prioritaskan. Apalagi Jagoh-Penarik-Kuala Tungkal itu jaraknya hanya 60 mil. Jagoh-Penarik-Tanjungpinang sekitar 88 mil. Sedangkan Jagoh-Penarik-Batam sekitar 118 mil,” jelasnya.

Selain itu, Provinsi Kepulauan Riau khususnya Lingga juga diuntungkan sebab Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar paham betul kondisi dan geografis Kabupaten Lingga. Wilayah kepulauan ini, pernah menjadi wilayah kerja Pudji sebelum diangkat menjadi Dirjen Perhub Darat. Ia pernah menjadi Kapolda Kepri dan dengan pangkat terakhir Inspektur Jendral Polisi.

Adanya jalur tol laut Roro ini, yang diwacanakan ke Kuala Tungkal Jambi, akan memudahkan pasokan barang ke Kabupaten Lingga. Sebab selama ini, hampir 80 persen kebutuhan warga Kabupaten Lingga didatangkan langsung dari daratan Sumatra tersebut. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar