Surya Makmur dan Surya Sardi Berebut Kursi Wakil Gubernur Kepri

985
Pesona Indonesia
Surya Makmur Nasution saat mengisi formulir penjaringan bakal calon Wakl Gubernur Kepri di kantor Partai Demokrat, Provinsi Kepri, di Tanjungpinang, Kamis (19/5/2016). Foto: jaylani/batampos
Surya Makmur Nasution saat mengisi formulir penjaringan bakal calon Wakl Gubernur Kepri di kantor Partai Demokrat, Provinsi Kepri, di Tanjungpinang, Kamis (19/5/2016). Foto: jaylani/batampos

batampos.co.id – Legislator DPRD Provinsi Kepri dari Partai Demokrat, Surya Makmur Nasution siap memberikan yang terbaik untuk mendampingi Nurdin Basirun sebagai Wakil Gubernur Kepri. Ia secara resmi sudah mendaftarkan diri ke Partai Demokrat, Kamis (19/5) di Kantor Demokrat Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Satu nama lainnya yang turut berebut kursi Wakil Gubernur adalah mantan Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi.

“Ini adalah rencana kerja Partai Demokrat untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Gubernur Kepri nanti, apabila Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun sudah defenitif sebagai Gubernur Kepri,” ujar Surya Makmur Nasution menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan pendafataran Penjaringan Bakal Calon Wakil Gubernur Kepri, kemarin.

Dijelaskannya, karena kebetulan Partai Demokrat sebagai Partai pengusung pasangan Sani-Nurdin (Sanur) pada pilkada lalu. Sehingga dengan wafatnya almarhum Muhammad Sani, memberikan kekosongan jabatan. Apalagi sudah diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada. Bahkan pada pasal 176 ayat 1 dalam UU tersebut menegaskan pengisian jabatan Wakil Gubernur melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Provinsi berdasarkan usulan dari Partai Politik/gabungan dari Partai Pengusung.

“Jadi sebagai kader Partai Demokrat, saya punya kewajiban untuk menyukseskan ini. Selanjutnya apabila saya diberikan amanah sebagai Wakil Gubernur, tentu saya akan memberikan yang terbaik sesuai dengan kapasitas saya sebagai Wakil Gubernur,” tegasnya.

Legislator yang sudah dua priode duduk sebagai sebagai wakil rakyata di DPRD Kepri tersebut juga mengatakan, selain dirinya akan ada kader-kader demokrat yang lain yang ikut meramaikan. Diakuinya Demokrat Kepri saat ini, memiliki banyak kader-kader terbaik dan militan. Sehingga layak untuk diberikan kesempatan menjadi Wakil Gubernur Kepri mendampingi Nurdin Basirun selama 5 tahun kedepan.

“Saat ini tengah berlangsung proses revisi UU Nomor 8 Tahun 2015. Mudah-mudahan ada petunjuk lebih jelas, mengenai mekanisme pemilihan Wakil Gubernur yang dihadapi Provinsi Kepri sekarang ini,”jelas pria yang duduk sebagai Wakil Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Kepri tersebut.

Ditambahkannya, proses penjaringan internal ini akan berlangsung sampai 21 Mei nanti. Menurut Surya, siapa figur terbaik yang akan diplot sebagai salah satu kandidat Wakil Gubernur Kepri nanti tetap diputuskan oleh DPP Partai Demokrat. Apabila tidak ada halangan, pada 21 Mei lusa, Sekjen DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan akan turun ke Kepri. Dikatakannya kembali, apabila dirinya diamanhkan posisi wakil gubernur, ia tetap akan bekerja dengan sebaik-baiknya.

“Bagi saya ini adalah panggilan jiwa. Sehingga sebagai kader dan kemampuan yang saya miliki, saya siap untuk mendampingi Pak Nurdin. Dan memberikan yang terbaik,” tutup Surya Makmur.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar