Tarif Sewa Murah, Rusunawa Mukakuning Banyak Peminat

1278
Pesona Indonesia
Rusunawa Mukakuning. Foto: Wijaya Satria/ Batam Pos
Rusunawa Mukakuning. Foto: Wijaya Satria/ Batam Pos

batampos.co.id – Rumah susun menjadi salah satu alternatif hunian murah. Tak heran jika banyak warga yang berminat, misalnya saja Rusunawa Pemda I Mukakuning, Seibeduk semua unit penuh.

“Dari 585 yang disewakan semua terisi,” ungkap Koordinator Administrasi Rusun Pemda I Mukakuning, Asman, Kamis (19/5).

Dia mengatakan sejatinya jumlah unit kamar di rusun yang terdiri dari tujuh twin blok itu sebanyak 592 unit namun tujuh unit di antaranya memang dibiarkan kosong sebagai cadangan. “Misalkan ada kamar yang bocor, bisa pindah dulu (ke kamar cadangan),” katanya.

Selain unit cadangan, di lantai dasar twin F dan G, ada masing-masing tiga kamar khusus jompo yang hingga kini tak ada yang menempati karena rusak. “Ada yang bocor,” terangnya.

Menurutnya minat masyarakat tinggal di rusun itu cukup tinggi. Bahkan menurut catatannya sejak awal tahun 2016 hingga kini daftar tunggu mencapai angka 119 pendaftar. “Sebulan kalau pun ada paling satu yang keluar, yang daftar ada sampai sepuluh orang,” ungkapnya.

Dia mengira selain kebutuhan akan tempat tinggal mendesak, biaya sewa rusun empat lantai itu cukup murah per bulannya yakni Rp 195 ribu untuk unit yang lokasinya di lantai empat hingga 240 ribu di lantai satu.

“Awalnya saja bayar dengan uang jaminan. Biaya ini sejak 2005 tak ada perubahan,” ujarnya. Berdasarkan data biaya yang disodorkan Asman, jumlah uang jaminan sebesar biaya sewa. “Uang itu (jaminan) akan dikembalikan kalau mereka keluar,” tuturnya.

Sementara itu tiga twin blok rusun yang berlokasi di dekat Ruli Kampung Salak, Seibeduk malah belum ada yang menempati. Bahkan akses jalan menuju rusun empat tingkat itu masih tanah.

“Dihitung-hitung ada satu ini (twin blok) ada 96 kamar, kalau tiga, bisalah dihitung,” kata Penjaga Rusunawa, Mauli. Dari keterangannya jika dihitung jumlah unit kamar di rusun itu sebanyak 288 unit. (cr13)

Respon Anda?

komentar