Belajar Tatakelola Arsip, Siswa SMK Negeri 1 Tanjung Pinang Kunjungi BP Batam

1260
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Sebanyak 31 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjung Pinang bidang kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran berkunjung ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Batam Center, Jum’at (20/5).

Kunjungan para siswa SMK tersebut didampingi oleh 5 guru pembimbing antara lain Dra. Restarini, Mardiyana, S.Pd., Mehrunisa, S.Pd., Drs. Sarimin., dan Irma Anwaruddin, M.Pd.

Kujungan para siswa klas X dan XI dan para guru SMK Negeri 1 Tanjung Pinang ini disambut oleh Ka. Subbag. Perpustakaan selaku Pelaksana harian Ka. Bag. Sekretariat Arsip dan Perpustakaan BP Batam, Yudi Hari Purdaya bersama para arsiparis BP Batam di ruang Balairungsari lantai 3 BP Batam, Batam Centre, Batam.

Dalam kunjungan tersebut Ketua Rombongan SMK Negeri 1 Tanjung Pinang, Restarini mengatakan, bahwa kunjungan ke BP Batam adalah dalam rangka belajar mengenai penataan dan pengelolaan arsip di lingkungan BP Batam sebagai lembaga pengelola kawasan Batam,

“Pelajaran mengenai tatakelola arsip menjadi salah satu yang dipelajari dalam bidang kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran, sehingga kami ingin mengajak para siswa untuk belajar langsung tentang penataan arsip di BP Batam, jadi tidak hanya belajar tentang teorinya saja,” kata Restarini.

Sementara itu Yudi Hari Purdaya menyambut baik kunjungan para guru dan siswa SMK Negeri 1 Tanjung Pinang untuk belajar penataan arsip di BP Batam.

“Bagi BP Batam, arsip memiliki peran penting, yaitu sebagai rekam jejak suatu peristiwa dan merupakan alat pertanggungjawaban, baik untuk pembuktian secara hukum maupun otentik,” kata Yudi dalam sambutannya, mengutip pengarahan pimpinan BP Batam saat penandatanganan naskah kerjasama pembinaan arsip antara BP Batam dengan ANRI dua tahun silam.

Arsip juga merupakan salah satu sumber informasi terekam yang sangat penting dalam menunjang proses kegiatan administrasi, memudahkan pencarian data apabila diperlukan dalam waktu yang singkat, tepat dan akurat. BP Batam saat ini sedang membangun Gedung Record Center di Sekupang, kelak semua arsip BP Batam, sejak berdirinya Otorita Batam hingga menjadi BP Batam akan disimpan di Gedung Record Centre.

SMK Negeri 1 Tanjung Pinang yang sudah berdiri sejak tahun 1956 tersebut kini memiliki beberapa program kompetensi keahlian antara lain Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, Usaha Perjalanan Pariwisata, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran dan Perbankan.

Dalam kunjungan tersebut para siswa berkesempatan mendapatkan sharing ilmu penataan arsip yang dipaparkan oleh arsiparis BP Batam, Yitno Priyadi, dan peninjauan pengelolaan arsip yang dipandu oleh para arsiparis Yitno Priyadi, Safawi dan Marsaulina. (rilis)

Respon Anda?

komentar