Harga Sayuran Naik, Harga Cabe-cabean Turun

864
Pesona Indonesia
Tim survei pasar Disperindag melakukan seurvei harga di Pasar Dabo. foto:wijaya satria
Tim survei pasar Disperindag melakukan seurvei harga di Pasar Dabo. foto:wijaya satria

batampos.co.id – Sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami lonjakan harga jelang puasa di beberapa pasar Kabupaten Lingga. Walau dinilai tidak signifikan, namun kenaikan harga sembako banyak dikeluhkan sejumlah ibu rumah tangga.

Sejumlah sembako yang mengalami kenaikan diantaranya, gula pasir yang dibandrol harga Rp 15 ribu sedangkan harga sebelumnya hanya Rp 12 ribu saja. Selain itu, daging ayam juga mengalami lonjakan kenaikan harga hingga Rp 8 ribu perkilonya, dari harga Rp 32 ribu saat ini dijual Rp 40 ribu.

Beberapa jenis sayur juga mengalami kenaikan harga, seperti wortel dari harga Rp 20 ribu kini menjadi Rp 24 ribu perkilo. Sawi yang sebelumnya dijual hanya Rp 3 ribu perikat naik Rp 2 ribu dengan harga jual Rp 5 ribu di pasaran. Begitu juga dengan bayam naik Rp 500 dari harga Rp 3.500 menjadi Rp 4 ribu.

Dari hasil survei Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga, beberapa item sembako mengalami penurunan seperti cabe rawit bermula dari harga Rp 34 ribu perkilo menjadi Rp 28 ribu perkilo. Begitu juga dengan harga cabe hijau yang dibandrol Rp 32 ribu kini menjadi Rp 28 ribu.

Selain itu, cabe merah keriting juga mengalami penurunan harga hingga Rp 6 ribu. Bermula dari harga Rp 38 ribu kini dijual hanya Rp 32 perkilonya. Tak hanya itu, ayam juga mengalami penurunan, saat ini perbutirnya dijual dipasar Rp 1300 dari harga Rp 1500.

Budi Gunawan salah satu tim survei Disperindag yang ditemui di pasar Dabo Singkep mengatakan, sejumlah harga sembako masih dijual dengan harga normal. Menurut hasil survei yang dilakukannya, harga bawang merah juga masih sama dengan tiga minggu terakhir yakni berkisaran harga Rp 36 ribu perkilonya.

“Semua harga masih dalam kondisi normal,” ujar Budi ketika ditemui saat melakukan survei di Pasar sayur Dabo Singkep, Jumat (20/5) pagi.

Selain bawang merah, Budi juga mendapatkan hasil survei bawang putih dengan harga yang stabil sejak tiga pekan terakhir yakni dengan harga Rp 34 ribu perkilonya. Dia juga menambahkan, sejumlah harga barang pokok yang naik saat ini tetap pada tiga minggu terakhir, sehingga belum ada kenaikan harga yang signifikan. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar