Berusaha Kabur, Pelaku Pecah Kaca Didor Polisi

1019
Pesona Indonesia
Ahmadi, pembobol mobil dengan modus pecah kaca dirawat usai ditembak aparat kepolisian. Foto: ist
Ahmadi, pembobol mobil dengan modus pecah kaca dirawat usai ditembak aparat kepolisian. Foto: ist

batampos.co.id – Tim gabungan Subdit Jatanras Polda Kepri, Unit Buser Sat Reskrim Polresta Barelang, dan Unit Reskrim Polsek Batamkota mengamankan Ahmadi, pelaku pembobol mobil dengan modus pecah kaca, Sabtu (21/5) malam. Pria 38 tahun tersebut diamankan di kediamannya di Perumahan Cendana blok F12 nomor 8, Batamcenter.

Sebelumnya pada Jumat lalu, Ahmadi membobol mobil Toyota Corolla Altis BP 1809 EI milik Huda di Masjid Al Munawaroh, Perumahan Anggrek Sari, Batamcenter. Pelaku yang membawa senjata tajam menggasak uang tunai Rp 11 juta dan sejumlah dokumen penting milik korban.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian mengatakan penangkapan pelaku berdasarkan pengintaian. Pelaku diketahui baru menetap di kawasan tersebut. ”Setelah mendapatkan informasi kita melakukan surveillance ke lokasi. Dan ketika dilakukan penangkapan, pelaku kabur,” ujar Memo, kemarin.

Pelaku yang mencoba kabur langsung dilumpuhkan dengan tembakan di bagian kaki. Polisi turut menyita motor Honda Beat yang digunakan untuk beraksi, mobil Toyota Avanza, ponsel, uang tunai Rp 2 juta, serta dompet. ”Saat ditembak pelaku tetap kabur, dan kita tembak ke dua kakinya,” tegas Memo.

Dari keterangan Ahmadi kepada polisi, ia mengincar mobil yang di parkir di lokasi sepi. Kemudian ia mengincar barang berharga korban yang diletakkan di dalam mobil. ”Terkadang ia membuntuti korban dari bank, dan langsung beraksi di lokasi sepi,” jelasnya.

Memo menegaskan masih melakukan pengembangan terhadap pelaku. Diduga pelaku telah beraksi di beberapa lokasi di Batam. ”Masih kita kembangkan dan meminta keterangan pelaku,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kaca mobil Toyota Corolla Altis BP 1809 EI milik Huda, warga Tiban Koperasi dipecah saat ditinggal salat Jumat di Masjid Al Munawaroh, Perumahan Anggrek Sari. Uang Rp 11 juta yang disimpan dalam tas dan taruh di jok mobil diembat pelaku.

Rencananya, sebagian uang tersebut untuk membayar pajak mobilnya. Selain itu, Minggu (22/5) pagi aksi pembobolan mobil kembali terjadi. Korbannya Budianto, 50, warga Perumahan Mitra Raya Blok B Nomor 22. Kaca mobil Toyota Landcruiser BP 1708 VV miliknya dipecah saat sedang bermain tenis meja di Lapangan Ikan Daun.

Dalam kejadian itu, tas hitam berisi surat-surat penting dan uang sebesar 350 Dolar Singapura berhasil diembat pelaku. Selain uang, kaca depan mobil bagian kiri juga hancur berserakan.

”Lagi main tenis meja, teman bilang kaca mobil depan kamu kok pecah,” kata pria asal Dabo Singkep itu sambil menirukan ucapan temannya.

Di kawasan Ikan Daun, ini bukan kejadian yang pertama. Sebelumnya, mobil seorang warga yang ditinggal bermain futsal juga pernah menjadi korban dari aksi pecah kaca mobil. (opi/rng)

Baca juga:

Kaca Dipecah, Uang Untuk Bayar Pajak Mobil Raib Digondol Maling

Respon Anda?

komentar