DPD Siap Sokong Pembangunan Maritim, tapi Pemda Harus Proaktif Ajukan Program

805
Pesona Indonesia
Haripinto Tanuwidjaja. foto:ist
Haripinto Tanuwidjaja. foto:ist

batampos.co.id – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Kepulauan Riau siap menyokong segala jenis pengajuan program pembangunan kekuatan maritim. Anggota DPD Kepri, Haripinto Tanuwidjaja mengungkapkan, wacana pembangunan maritim yang digagas Presiden Joko Widodo bukan omong kosong.

“Pembangunan maritim sangat besar yang bisa di-support,” ungkap Haripinto, ketika berkunjung ke Tanjungpinang, kemarin.

Ada banyak hal yang sudah disiapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinasi Kemaritiman dan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI. Haripinto menambahkan, kementerian terkait semisal Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, dan lintas sektoral lainnya. “Selain itu belum lagi ditunjang program yang bersumber dari dana alokasi khusus. Pembangunan maritim memang sudah jadi fokus,” terangnya.

Provinsi Kepri, di mata Haripinto, memang sudah selayaknya bertindak banyak pada percaturan rencana besar pembangunan maritim Indonesia. Kondisi geografisnya yang 96 persen lebih merupakan wilayah perairan adalah modal besar untuk menjadikan Kepri sebagai sentra pembangunan maritim Indonesia.

Namun, untuk menuju ke sana, Haripinto menuturkan ada beberapa kerja yang mesti digesa pemerintah daerah di Provinsi Kepri. Tak boleh tidak, seluruh jajaran pemerintah daerah, kata Haripinto, mesti punya peduli dan proaktif terhadap pembangunan maritim. Setiap usulan dari pemerintah di tingkat kabupaten/kota mesti terlebih dahulu dikumpulkan di Pemprov Kepri untuk kemudian disampaikan di Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Karena kalau disampaikan pemprov bisa lebih mudah koordinasinya,” ujar Haripinto.

Ia juga meyakini lantaran pengajuan Pemprov Kepri bisa lebih mudah ditanggapi karena selaras dengan program pembangunan nasional. Segalanya, sambungnya, memang juga bergantung pada kesiapan jenis program yang diajukan. “Ajukan proposalnya dan siapkan. Kami dari DPD perwakilan Kepri siap memfasilitasi,” pungkas Haripinto. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar