Grafiti di Pesawat Egyptair: ”Kami akan Jatuhkan Pesawat ini” Terbukti

564
Pesona Indonesia
Pesawat Egyptair. Foto: businessinsider.com
Pesawat Egyptair. Foto: businessinsider.com

batampos.co.id – Penyebab jatuhnya pesawat Egyptair masih menyisahkan tanya. Bahkan, meski berbagai kalangan menyebut ulah teroris, namun belum ada pihak militan manapun yang menyatakan bertanggungjawab, sehingg masih sulit ditebak penyebabnya.

Namun, New York Times melaporkan dua tahun lalu, ada grafiti bertulisan, ”Kami akan menjatuhkan pesawat ini,” dalam bahasa Arab di pesawat EgyptAir yang jatuh tersebut.

Meski mengerikan, tulisan itu sejatinya bukan benar-benar ditujukan untuk pesawat tersebut. Yang menuliskannya adalah para pekerja di Bandara Kairo sebagai bentuk protes atas kepemimpinan Abdel Fatah al-Sisi.

Grafiti semacam itu memang banyak bermunculan sejak mantan Presiden Mohammed Morsi dilengserkan oleh Sisi.

Sejak saat itu, EgyptAir memecat para pegawainya karena pandangan politik mereka. Bukan hanya itu, mereka juga mempekerjakan penjaga keamanan di dalam pesawat.

Pesawat dengan nomor penerbangan MS804 tersebut juga membawa tiga penjaga keamanan. Mereka biasanya akan menolong kru jika ada penumpang yang berulah. Termasuk di antaranya memeriksa pekerja lokal yang membersihkan kabin.

Namun, setiap mendarat di Prancis, para petugas keamanan itu tidak diperbolehkan mengecek pekerja Prancis yang membersihkan kabin.

Pasca jatuhnya EgypAir, pemerintah Prancis mengetatkan keamanan. Mereka melakukan penyelidikan untuk pengamanan di Bandara Charles de Gaulle. Para detektif itu bisa mengakses area terlarang di bandara tersebut.

Meski begitu, para petugas itu dinilai tidak efektif. Sebab, perputaran staf di sana cukup tinggi dan banyak yang merupakan pekerja lepas.

Respon Anda?

komentar