Perhatian, Sakit Gigi Bisa Picu Sakit Lain yang Lebih Serius

1241
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Seseorang dapat mengalami resiko berbagai penyakit akibat gangguan kesehatan mulut.

“Misalnya, diabetes, hipertensi, jantung, dan yang lainnya. Bahkan, ibu hamil juga bisa berpotensi melahirkan bayi prematur akibat mengalami gangguan kesehatan mulut,” ujar Ketua Komite Medik Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSGM FKGUI) drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp PM, Sabtu (21/5).

Drg. Harum mengatakan, resiko penyakit akibat masalah kesehatan mulut bisa mengalami halitosis atau bau napas tak sedap. Bau napas tak hilang meski sudah menggosok gigi, flossing, dan berkumur dengan air biasa.

Sebesar 80 persen penyebab halitosis adalah gigi berlubang, penyakit gusi, gigi retak, dan gigi palsu yang tidak bersih.

Nah, bakteri dari penyakit gusi dapat berjalan ke dalam paru-paru melalui aliran darah. Kondisi itu akan memperburuk sistem pernapasan. Terutama, pada pasien yang sudah memiliki gangguan pernapasan.

Dia menerangkan, penderita diabetes mempunyai kemungkinan tiga kali menderita penyakit gusi. Begitu pula, penderita penyakit gusi dapat menderita diabetes.

Gangguan kesehatan mulut juga bisa menyebabkan kelahiran prematur. Wanita hamil dengan penyakit gusi parah mempunyai kecenderungan tujuh kali memiliki bayi prematur.

Selanjutnya adalah resiko terkena penyakit jantung. Orang yang menderita penyakit gusi akan dua kali lipat berpotensi mengalami penyakit jantung dan penyempitan arteri.

“Itu akibat dari bakteri periodontal atau bakteri dari penyakit gusi dan plak yang memasuki aliran darah melalui gusi,” ujarnya.

Faktanya lain, penyakit gusi, gigi berlubang, dan gigi tanggal pada seseorang setingkat kolesterol yang dapat memprediksi kemungkinan penyakit jantung. Itu berdasarkan hasil studi dari The relationship of oral health to overall health and logetivity.

Oleh karenan itu, drg. Harum menyarankan, jangan anggap remeh masalah gigi dan rongga mulut. Sikatlah gigi secara teratur dua kali sehari dan menggunakan mouthwash untuk membantu hindari masalah gigi. (rka/JPG)

Respon Anda?

komentar