Polisi Malaysia Tangkap 14 Orang Diduga Terkait ISIS

437
Pesona Indonesia
Terduga jaringan IS yang ditangkap polisi Malaysia. Foto: http://www.nst.com.my
Terduga jaringan ISIS yang ditangkap polisi Malaysia. Foto: http://www.nst.com.my

batampos.co.id – Polisi Diraja Malaysia yang melakukan operasi di enam negara bagian. Hasilnya, 14 orang yang diduga mencoba memperluas pengaruh kelompok bersenjata ISIS ditangkap.

Wakil Kepala Polisi Negara, Datuk Seri Noor Rashid Ibrahim mengatakan operasi yang digelar Polisi Unit Khusus Kontra-Terorisme Bukit Aman dilakukan menyusul penangkapan 15 tersangka anggota ISIS beberapa waktu lalu.

”Penangkapan dilakukan secara bertahap mulai Selasa hingga Sabtu. Semua tersangka masing-masing ditahan di Johor, Perlis, Kedah, Perak, Selangor, dan Kuala Lumpur,” katanya seperti dikutip beberapa media massa di Kuala Lumpur, Minggu (22/5/2016).

Noor Rashid mengatakan para tersangka berusia antara 22 hingga 49 tahun dengan latar belakang berbeda-beda serta memainkan peran berbeda dalam mengaktifkan ISIS di Malaysia.

”Seorang di antaranya merupakan anggota keluarga Muhammad Wanndy Mohamed Jedi,” katanya.

Muhammad Wanndy merupakan warga Malaysia yang sedang diburu karena mengeluarkan ancaman untuk membunuh perdana menteri dan pejabat tinggi Polisi Diraja Malaysia.
Ia juga dituduh merekrut warga sipil Malaysia untuk bergabung dengan ISIS.

Noor Rashid mengatakan di antara para tersangka yang ditangkap ada seorang perempuan yang bekerja sebagai pelayan di tempat karaoke.

Selain itu ada tujuh pekerja swasta, dua wiraswastawan, dan selebihnya pekerja perusahaan perawatan pesawat, mekanik, pedagang buku, buruh dan asisten laboratorium.

Noor Rashid mengatakan delapan tersangka yang ditahan di Kuala Lumpur, Johor, Perak dan Perlis diduga menjadi tulang punggung dalam penyaluran dana ke kelompok ISIS di Suriah dan kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan. (antara)

Respon Anda?

komentar