Belum Ada Pejabat Eselon yang Penuhi Syarat untuk Jadi Kadis PU di Natuna

510
Pesona Indonesia
Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Natuna Sofiandi. foto:net
Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Natuna Sofiandi. foto:net

– Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Natuna Sofiandi mengatakan, rata-rata pejabat eselon di lingkungan Pemkab Natuna memenuhi syarat untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II.

Dikatakan Sofiandi, khusus perombakan SKPD, untuk jabatan kepala dinas, diwajibkan seleksi terbuka. Secara umum untuk di daerah sudah penuhi syarat untuk ikut seleksi.

Namun ada satu yang dinilai tidak ada SDM-nya, sambung Sofiandi, yakni jabatan kepala dinas pekerjaan umum (PU). Karena saat ini belum ada pejabat eselon yang memenuhi syarat.

“Khusus jabatan kepala dinas PU, kalau diikuti Undang-Undang ASN Nomor 5 tahun 2014 belum ada yang penuhi syarat. Kalau jabatan SKPD lain banyak,” ujar Sofiandi, Senin (23/5).

Dikatakan Sofiandi, dalam undang-undang ASN, khusus kepala dinas PU, minimal harus sarjana teknik sipil. Kalau kepala dinas PU sekarang, bukan teknik sipil.

“Namun secara kompetensi bisa saja memenuhi syarat. Karena sudah 10 tahun jadi kadis PU. Tetapi berdasar undang-undang ASN tidak lolos seleksi administrasi,” kata Sofiandi.

Menurut Sofiandi, kekurangan SDM untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama bergantung pada kebijakan Bupati. Diantara seleksi bisa dibuka dilevel provinsi jika didaerah tidak tersedia. Atau seleksi dibuka secara nasional.

“Memang sekarang ada beberapa pejabat dengar sarjana teknik sipil. Tetapi secara kepangkatan belum bisa mengikuti pendaftaran seleksi,” ujar Sofiandi.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar