DAK Dipangkas, Pembangunan Fisik Berkurang

490
Pesona Indonesia
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akhirnya menemukan jalan keluar untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mengurangi 10 persen dana alokasi khusus (DAK). Yang mana, setiap SKPD mendapat jatah pengurangan 10 persen anggaran untuk program fisik.

Wali Kota Batam, Rudi mengatakan dari rapat yang dilaksanakan bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pihaknya mengurangi 10 hingga 15 persen anggaran untuk pembangunan fisik.

”Hasilnya, mengurangi 10 persen program fisik pastinya, namun untuk antisipasi kita kurangi sampai 15 persen,” kata Rudi, Senin (23/5).

Menurut Rudi, pengurangan anggaran program pembangunan fisik itu berlaku untuk seluruh SKPD di Batam. Yang mana, mereka diwajibkan mendahulukan program yang memang penting untuk dilaksanakan tahun ini.

”Seluruh SKPD mendapat jatah, jadi kita bagi rata. Program yang dianggap urgent itulah yang dilaksanakan dulu,” tegas Rudi.

Disinggung mengenai jumlah anggaran yang akan dipangkas akibat kebijakan Mendagri, Rudi mengaku lupa. ”Saya lupa mengenai angka-angka itu. Yang pasti ada pengurangan,” kata Rudi. (she)

Respon Anda?

komentar