Dicari 5,8 Juta Pengusaha Baru

892
Pesona Indonesia
Yasa Singgih, salah seorang pengusaha muda Indonesia di bidang fashion. Foto/grafis: istimewa
Yasa Singgih, salah seorang pengusaha muda Indonesia di bidang fashion. Foto/grafis: istimewa

batampos.co.id – Indonesia masih bisa lebih kompetitif dalam beberapa tahun ke depan. Syaratnya, jumlah pengusaha baru wajib ditambah. Khususnya, pengusaha-pengusaha muda.

Para pengusaha itulah yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja. Idealnya, jumlah pengusaha tersebut minimal empat persen dari jumlah penduduk.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi se-ASEAN di Bandung, Senin (23/5).

Berdasarkan data HIPMI, saat ini prosentase jumlah pengusaha Indonesia baru mencapai 1,6 persen. Jumlah tersebut sedang tumbuh menuju dua persen.

Untuk mencapainya, Indonesia masih memerlukan sekitar 1,8 juta pengusaha baru. ’’Kalau menuju ke 4% masih butuh 5,8 juta pengusaha muda,’’ tutur Jokowi.

Karena itulah, pemerintah saat ini terus mengupayakan peluang usaha baru sebanyak-banyaknya bagi para pemuda.

Presiden menjelaskan, Indonesia masih berada di peringkat 109 dalam hal kemudahan berusaha. Peringkat tersebut jauh di bawah Vietnam (90), Thailand (49), Malaysia (18), dan tentu saja Singapura. Negara tersebut menduduki peringkat pertama sebagai negara yang paling ramah terhadap tumbuhnya usaha.

’’Tahun depan harus kita capai di angka (peringkat) 40,’’ lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Bila tidak, Indonesia akan terus kesulitan bersaing dengan negara-negara tetangga. Salah satu yang menjadi andalan untuk menaikkan peringkat adalah penyederhanaan regulasi.

Dari sisi fasilitas, pemerintah saat ini sedang jor-joran membangun infrastruktur. Khususnya, yang berkaitan dengan akses investasi. Mulai jalan tol, jalur kereta api, bandara, hingga pelabuhan. Di Makassar, Kuala Tanjung (Sumut), pelabuhan kecil-kecil di Galela dan Bau-Bau semuanya dikerjakan,’’ Tambah Jokowi. (byu/jpgrup)

Respon Anda?

komentar