Disduk Berikan Kemudahan Urus Dokumen Kependudukan Bagi Korban Kebakaran

1295
Pesona Indonesia
Rumah warga yang tinggal puing-puing akibat terbakar pekan lalu dipasangi police line. foto:syahid/batampos
Rumah warga yang tinggal puing-puing akibat terbakar pekan lalu dipasangi police line. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Anambas, Agus Basir, mengatakan, pihaknya siap memberikan kemudahan pengurusan dokumen kependudukan seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan dokumen lainnya bagi seluruh warga korban kebakaran di Desa Sri Tanjung pada Jumat (20/5) lalu.

Untuk mengurus dokumen-dokumen kependudukan itu pihaknya tidak meminta banyak persyaratan. “Kita akan mempermudah pengurusan dokumen itu, contohnya jika korban kebakaran akan mengurus KTP sangat mudah, tahu atau hapal NIK KTP bisa langsung kami urus,” ungkapnya kepada wartawan Senin (23/5).

Namun sedikit yang menjadi catatan, bagi korban kebakaran yang alamat KTP-nya masih menggunakan alamat lama agar mengurus surat pindah dulu. “Tidak harus surat pindah, tapi cukup rekomendasi dari RT setempat bahwasanya korban sudah pindah alamat baru, sudah cukup. Ini diharuskan supaya alamat KTP, Akte Kelahiran ataupun alamat KK sesuai dengan alamat sekarang,” ungkapnya lagi.

Untuk sementara waktu saat ini sudah ada enam Kepala Keluarga yang sudah mendaftarkan diri ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Pihaknya siap membantu sepenuhnya dan mengusahakan agar dokumen kependudukan para korban itu cepat diselesaikan. “Mereka baru saja mengurus dokumen kependudukan, kita akan urus secepatnya,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk menerbitkan KTP warga itu sejatinya tidak sulit jika warga sudah pernah merekam KTP. Namun demikian masih ada warga Anambas hingga kini yang belum melakukan rekam KTP.

Bukan hanya itu saja, karena saat ini pihaknya bukan hanya mengurus akte kelahiran saja namun harus mengurus akte kematian penduduk. Maka saat ini pihaknya sudah selesai mengurus surat kematian korban kebakaran yakni Serda Sulton yang merupakan anggota Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa.

“Surat kematian almarhum pak Sulton sudah kita keluarkan dan kita juga sudah mengeluarkan KK yang baru untuk istri almarhum,” tutupnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar