Hujan Disertai Angin Kencang, DKP Potong Pohon Tua Rawan Tumbang

597
Pesona Indonesia
Pengendara sepeda motor berusaha melewati pohon tumbang di Jalan Gurindam Batamcenter.  Minggu (22/5) lalu. Pohon tersebut tumbang akibat diterpa hujan lebat yang disertai angin kencang. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Pengendara sepeda motor berusaha melewati pohon tumbang di Jalan Gurindam Batamcenter. Minggu (22/5) lalu. Pohon tersebut tumbang akibat diterpa hujan lebat yang disertai angin kencang. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Hujan deras dan angin kencang diperkirakan masih akan melanda Kota Batam. Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Batam memprediksi hujan masih akan terjadi hingga Juni mendatang.

Kondisi cuaca tersebut membuat sering terjadinya pohon tumbang, bahkan tidak sedikit yang memakan korban. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Suleman Nababan mengimbau seluruh pengendara untuk waspada ketika berkendara, apalagi saat hujan disertai angin kencang.

Kondisi pohon yang sudah tua menjadi faktor gampang tumbang, saat ini hampir semua pohon di Batam sudah tua dan rawan tumbang. “Rata-rata pohon berusia 20 hingga 40 tahun,” ujarnya.

Meskipun begitu, Suleman menambahkan sejauh ini pohon yang tumbang merupakan pohon yang tumbuh sendiri. Saat ini pihaknya tengah melakukan penertiban pohon-pohon tua dibeberapa wilayah seperti, Nongsa, Sagulung, Batamkota, dan Sekupang.

Keterbatasan alat membuat DKP sedikit mengalami kesulitan. Selain itu DKP juga harus melayani permintaan warga untuk pemotongan pohon di perumahan.

“Saat ini kita hanya punya dua crane (alat pemotong pohon,red). Kita sudah ajukan untuk tahun ini, cuma karena minim anggaran terpaksa dipending, jadi kita maksimalkan yang ada dulu” tutup Suleman. (cr17)

Baca juga:

Cuaca Buruk, Masyarakat Diminta Waspada

Respon Anda?

komentar