Tekan Harga Sembako, Pemko Batam Gelar Bazar Murah

627
Pesona Indonesia
Warga Lubukbaja mengantre membeli paket sembako pada bazar murah yang digelar Pemko Batam di belakang DC Mall, Senin (23/5). Ada 1.100 paket sembako murah yang dijual seharga Rp 50.000 per paket. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Warga Lubukbaja mengantre membeli paket sembako pada bazar murah yang digelar Pemko Batam di belakang DC Mall, Senin (23/5). Ada 1.100 paket sembako murah yang dijual seharga Rp 50.000 per paket. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak tiga ribu paket sembako murah mulai dijual dan dibagikan kepada warga tidak mampu yang tersebar di 12 kecamatan di Batam, kemarin pagi. Bazar sembako murah yang dilakukan Pemko Batam ini dimulai di Kecamatan Lubukbaja sebanyak 1.100 paket dan dilakukan secara bertahap hingga 4 Juni mendatang.

Dalam setiap paket sembako murah berisikan 5 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, dan 2 liter minyak goreng. Warga cukup membayar Rp 50 ribu dengan membawa surat keterangan miskin (SKM) dari kelurahan. Dalam hal ini, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 59.100 per paket atau dengan total subsidi sebesar Rp 1.773.000.000.

Kabag Perekonomian Setdako Batam, Nurminsyah mengatakan pasar murah tersebut bertujuan membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu. Ditambah untuk menekan harga sembako yang diprediksi mengalami kenaikan jelang bulan Ramadan.

”Biasanya jelang bulan Ramadan harga sembako naik. Di sini peran kita untuk menekan harga agar pedagang di pasar tidak menaikkan harga sembarangan,” ujar Nurminsyah di sela-sela pasar murah di belakang DC Mall, Lubukbaja kemarin (23/5).

Dia menambahkan dalam penjualan paket sembako tersebut disesuaikan dengan jumlah penduduk setiap kecamatan. Dari Kecamatan Lubukbaja, lalu bazar paket sembako murah akan dilakukan di Kecamatan Batuaji dengan 1.700 paket dan Kecamatan Bulang pada 25 Mei 2016 dengan 1.100 paket.

Kemudian Kecamatan Nongsa dengan 1.100 paket, Kecamatan Batuampar 1.100 paket, dan Kecamatan Bengkong pada 28 Mei dengan 1.100 paket. Selanjutnya Kecamatan Galang pada 30 Mei dengan 1.100 paket, Kecamatan Sekupang dengan 1.400 paket, dan Kecamatan Batamkota dengan 1.200 paket.

”Tahap ke dua dilakukan menjelang Natal. Dan pembagian dilakukan di pulau-pulau juga,” tuturnya.

Menurut Nurminsyah, jelang Ramadan, kenaikan harga sembako terjadi pada gula. Sementara harga beras diprediksi stabil dengan jumlah stok yang banyak. ”Beras menjelang puasa tidak akan naik. Oleh karena itu, operasi pasar dan bazar ini harus dilakukan,” tegasnya. (opi)

Respon Anda?

komentar